LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN KLASIKAL UNTUK MENGEMBANGKAN CHARACTER BUILDING
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.291Abstract
Character building adalah suatu bentuk prilaku yang dilakukan terus menerus untuk dapat diperbaiki dan bibina serta membentuk tabiat, watak, dan akhlak mulia yang diharapkan dalam masyarakat. Character building harus ditanamkan dari sejak usia dini karena dapat menjadi penentu di usia-usia berikutnya, namun pada kenyataannya Character building hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat indonesia dan hasilnya tidak sedikit manusia saat ini menjadi tidak beretika baik dalam bicaranya ataupun tingkah laukunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan uji efektivitas layanan bimbingan dan konsleing dalam mengembangkan Character building. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa Kelas VI SD Islam Terpadu Pringsewu. Analisi data yang digunakan berupa rumus uji beda yaitu uji statistik nonparametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling menggunakan klasikal efektif untuk mengembangkan Character building.Downloads
References
Adhiputra, Anak Agung Ngurah. (2013). Bimbingan dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Graham Ilmu.
Fraenkel,J.R. and Wallen, N.E. (1993). Second Edition. How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc-Graw Hill International.
Kelechi dan Lhuoma. (2011). The Role Of Guidance Counsellors In The Career Development Of Adolescents and Young Adults With Special Needs. British Journal Of Arts and Social Sciences. Vol 2, No 1. 2011.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Pala, Anyur. (2011). The Need For Character Education. International Journal Of Social Sciences and Humanity Studies. Vol 3, No 2, 2011.
Rosidah, Ainur. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk Meningkatkan konsep diri siswa underachiever. Jurnal Fokus Konseling STKIP MPL, Vol.03/No.2.
Yusuf, Samsyu dan Nurihsan, Juntika. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.