LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN KLASIKAL UNTUK MENGEMBANGKAN CHARACTER BUILDING

Authors

  • Ainur Rosidah
  • Edy Irawan

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.291

Abstract

Character building adalah suatu bentuk prilaku yang dilakukan terus menerus untuk dapat diperbaiki dan bibina serta membentuk tabiat, watak, dan akhlak mulia yang diharapkan dalam masyarakat. Character building harus ditanamkan dari sejak usia dini karena dapat menjadi penentu di usia-usia berikutnya, namun pada kenyataannya Character building hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat indonesia dan hasilnya tidak sedikit manusia saat ini menjadi tidak beretika baik dalam bicaranya ataupun tingkah laukunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan uji efektivitas layanan bimbingan dan konsleing dalam mengembangkan  Character building. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa Kelas VI SD Islam Terpadu Pringsewu. Analisi data yang digunakan berupa rumus uji beda yaitu uji statistik nonparametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling menggunakan klasikal efektif untuk mengembangkan Character building.

References

Adhiputra, Anak Agung Ngurah. (2013). Bimbingan dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Fraenkel,J.R. and Wallen, N.E. (1993). Second Edition. How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc-Graw Hill International.

Kelechi dan Lhuoma. (2011). The Role Of Guidance Counsellors In The Career Development Of Adolescents and Young Adults With Special Needs. British Journal Of Arts and Social Sciences. Vol 2, No 1. 2011.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Pala, Anyur. (2011). The Need For Character Education. International Journal Of Social Sciences and Humanity Studies. Vol 3, No 2, 2011.

Rosidah, Ainur. (2017). Layanan bimbingan klasikal untuk Meningkatkan konsep diri siswa underachiever. Jurnal Fokus Konseling STKIP MPL, Vol.03/No.2.

Yusuf, Samsyu dan Nurihsan, Juntika. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published

2019-06-15

Issue

Section

Artikel