Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Perilaku Negatif Penggunaan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.3339Keywords:
Bimbingan Kelompok Perilaku Negatif Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang upaya mengatasi perilaku negatif penggunaan media sosial melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, sedangkan bentuknya penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian dapat disimpulkan;(1) Gambaran tentang perilaku negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Swasta Mujahidin Pontianak sebelum diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok tergolong sedang, dilihat dari hasil analisis angket sebelum diberi tindakan layanan bimbingan kelompok. (2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi perilaku negatif penggunaan media sosial meliputi; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, observasi dan tindak lanjut berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah disiapkan atau dibuat. (3) Layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi perilaku negatif penggunaan media sosial, dillihat dari hasil persentase angket sebelum dan sesudah tindakan layanan bimbingan kelompokDownloads
References
Achmad, Juntika. (2012). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama.
Anggoro, M. Toha. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Chomaria, Nurul. (2018). Solusi Cerdas Menghadapi 65 Perilaku Negatif Anak. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Emzil. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Geldard, Kathryn. Dan David Geldard. (2013). Menangani Anak dalam Kelompok. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, R. D, & Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.
Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan dan Konseling. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy.
Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Marmi, & Margiyati. (2013). Pengantar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mulawarman, Aldila, D. N. (2017) Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 25 (1) : 38-42.
Muna, F. R, & Astuti, P. T. (2016) Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Akhir. 1 (11) : 1-2.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurudin, (2018). Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial. Malang: Inrans Publishing.
Nuruhsin, Juntika & Mubiar Agustin. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: PT Refika Aditama.
Santock, John. W, (2011). Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulianta, Feri. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Surakhmad, Winarno. (2000). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.
Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI.
Zudlafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Bandung: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.