KEDISPLINAN DALAM PEMBELAJARAN SISWA DAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU

Authors

  • Nur Rohma Septiyaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Bambang Susanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rita Kumalasari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Muhammad Arief Maulana Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.3395

Keywords:

Kedisplinan pembelajaran, Konseling kelompok, Kontrak Perilaku

Abstract

Kedisplinan dalam pembelajaran meruapan suatu hal yang sangat penting bagi siswa karena dengan kedisplinan akan menciptakan suasana dalam kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi nyaman dan kondusif, maka dari itu siswa yang memiliki tingkat kedisplinan dalam pembelajaran yang masih rendah perlu diberikan tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan kedisplinan dalam pembelajaran di kelas pada siswa kelas VIII SMP N 5 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 70%. Hasil observasi prasiklus kedisplinan pembelajaran di kelas menunjukkan rata-rata 48,5% yang dikategorikan masih rendah. Siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 62,5 %, selanjutnya siklus II menunjukkan rata-rata 83,75% yang berhasil melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melaui layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dapat meningkatkan kedisplinan dalam pembelajaran di kelas pada siswa kelas VIII SMP N 5 Sukoharjo.

References

Adhiputra, A.A.Ngurah.2014.Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Media Akademik.

Dewi Puspitaningrum & Totok Suyanto. Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Displin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya (Kajian Moral dan

Kewarganegaraan Nomor 2 Volume 2

Tahun 2014). Halaman 344.

Komalasari,Gantina.2011.Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT.Indeks.

Kurnanto.2013.Konseling Kelompok.Bandung: Alfabeta.

Sukirman.2011.Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ratna,Lilis.2013.Teknik-Teknik Konseling.Yogyakarta: Deepublish. Shochib,Moh.2010.Pola Asuh OrangTua dalam Membantu Anak Mengembangkan Displin Diri.Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel