KEDISPLINAN DALAM PEMBELAJARAN SISWA DAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.3395Keywords:
Kedisplinan pembelajaran, Konseling kelompok, Kontrak PerilakuAbstract
Kedisplinan dalam pembelajaran meruapan suatu hal yang sangat penting bagi siswa karena dengan kedisplinan akan menciptakan suasana dalam kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi nyaman dan kondusif, maka dari itu siswa yang memiliki tingkat kedisplinan dalam pembelajaran yang masih rendah perlu diberikan tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan kedisplinan dalam pembelajaran di kelas pada siswa kelas VIII SMP N 5 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 70%. Hasil observasi prasiklus kedisplinan pembelajaran di kelas menunjukkan rata-rata 48,5% yang dikategorikan masih rendah. Siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 62,5 %, selanjutnya siklus II menunjukkan rata-rata 83,75% yang berhasil melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melaui layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dapat meningkatkan kedisplinan dalam pembelajaran di kelas pada siswa kelas VIII SMP N 5 Sukoharjo.
Downloads
References
Adhiputra, A.A.Ngurah.2014.Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Media Akademik.
Dewi Puspitaningrum & Totok Suyanto. Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Displin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya (Kajian Moral dan
Kewarganegaraan Nomor 2 Volume 2
Tahun 2014). Halaman 344.
Komalasari,Gantina.2011.Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT.Indeks.
Kurnanto.2013.Konseling Kelompok.Bandung: Alfabeta.
Sukirman.2011.Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ratna,Lilis.2013.Teknik-Teknik Konseling.Yogyakarta: Deepublish. Shochib,Moh.2010.Pola Asuh OrangTua dalam Membantu Anak Mengembangkan Displin Diri.Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.