Academic Hardiness Tinjauan Dari Jenis Kelamin dan Usia Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Semarang

Authors

  • Endang Rifani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Arnika Dewi Larasati Ayuningtias

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.3576

Keywords:

Academic Hardiness, Bimbingan Konseling Siswa Sekolah

Abstract

Academic hardiness memiliki peranan penting bagi siswa sekolah dalam proses belajar dan berkegiatan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat academic hardiness siswa sekolah menengah atas di kota semarang. responden dari penelitian ini berjumlah 1185 siswa dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. penelitian ini berfokus pada perbedaan tingkat academic hardiness yang ditinjau dari jenis kelamin dan usia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yakni Revised Academic Hardiness Scale (RAHS), melalui proses adaptasi. teknik analisi data menggunakan deskriptif analisis dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) menggunakan statistical product and services solution (SPPS) versi 21. hasil penelitian menjukkan tingkat academic hardiness siswa sebagian besar ada pada kategori tinggi, dan terdapat perbedaan tingkat academic hardiness siswa dari jenis kelamin dan usia.

References

Abdollahi, A., Carlbring, P., Vaez, E., & Ghahfarokhi, S. A. (2018). Perfectionism and Test Anxiety among High-School Students: the Moderating Role of Academic Hardiness. Current Psychology, 37(3), 632–639. https://doi.org/10.1007/s12144-016-9550-z

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Benishek, L. A., & Lopez, F. G. (2001). Development and Initial Validation of a Measure of Academic Hardiness. Journal of Career Assessment, 9(4), 333–352. https://doi.org/10.1177/106907270100900402

Fajriani, F., Abu Bakar, & Fitra Marsela. (2021). Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) Based Guidance for Student Academic Hardiness. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.32505/enlighten.v4i1.2758

Hidayat, W. K., Herlina, & Damaianti, L. F. (2018). Efek Hardiness Terhadap Perilaku Menyontek. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 84–93.

Lenz, A. S., Soler, I. G., Aquilla, J. D., Lenz, A. S., Soler, I. G., & Aquilla, J. D. (2017). Development Translation and Cross-Cultural Adaptation of Assessments for Use in Counseling Research. 1756(December). https://doi.org/10.1080/07481756.2017.1320947

Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Kahn, S. (1982). Hardiness and health: A prospective study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1), 168–177. https://doi.org/10.1037/0022-3514.42.1.168

Maddi, S. R. (2002). The story of hardiness: Twenty years of theorizing, research, and practice. Consulting Psychology Journal, 54(3), 175–185. https://doi.org/10.1037/0003-066X.60.3.261

Mawarni, A. (2017). the Exercise Group Technique on Academic Hardiness in Senior High School Students. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 492–500. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370407

Nuraqmarina, F. (2021).Academic hardiness terhadap career decision self efficacy siswa sma di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 12 (2), 78-87.

Nurhikma, A., & Nuqul, F. (2020). Saat Prestasi Menipu Diri: Peran Harga Diri dan Ketangguhan Akademik Terhadap Impostor Phenomenon. Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(2), 2541–2965.

Sheard, M., & Golby, J. (2007b). Hardiness and undergraduate academic study: The moderating role of commitment. Personality and Individual Differences, 43(3), 579–588. https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.01.006

Suyono, D. (2016). Keefektifan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidkan Humaniora, 4(2), 115–120.

Rahmawati, O. (2014). Pengaruh pemenuhan kebutuhan psikologis terhadap academic hardiness siswa akselerasi Madrasah Aliyah Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sinaga, M. Harwansyah Putra (2022) Pengembangan Model Layanan Konsultasi Berbasis Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMA Di Kota Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan

Wardani, R. (2020). Academic Hardiness, Skills, and Psychological Well-Being on New Student. Jurnal Psikologi, 19(2), 188–200. https://doi.org/10.14710/jp.19.2.188-200

Zamroni. (2013). Survei Mengenai Academic Hardiness Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang (tidak diterbitkan)

Published

2022-12-31

Issue

Section

Artikel