PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA

Authors

  • elisabet lusitania putri sengga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • ayong lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • dimas ardika miftah farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v5i2.3609

Keywords:

Bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diri

Abstract

Penelitian dilakukan supaya bisa mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan_teknik sosiodrama terhadap_percayaan_diri siswa SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil data persebaran skala pengukuran menunjukan bahwa siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya takut menjawab pertanyaan, merasa malu, enggan mengemukakan pendapat, tidak mudah bergaul, tidak memiliki rasa tanggung jawab. One Group Pre-test Post-test Design sebagai rancangan Pra-Eksperimental diterapkan sebagai strategi kuantitatif penelitian ini. Populasi penelitin ini adalah siswa SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan jumlah 124 siswa. Subjek penelitian ini terdapat 8 siswa yang mengalami percaya diri rendah dengan menggunakan teknik random sampling. Data dari subjek dianalisa dengan memanfaatkan software SPSS versi Windows  26.0 dengan teknik uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon pada tabel yang terdapat Asymp. Sig (2 – tailed) ialah 0,012 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Hasil post-test dari 8 siswa menunjukkan perubahan dibandingkan dengan hasil pre-test peningkatan percaya diri dimana 6 siswa dikategori rendah menjadi sedang dan 2_siswa lainnya dikategorikan dari rendah ke tinggi. Hal itu mengartikan bahwa perubaha  percaya diri siswa mendapatkakan peningkatan akibat adanya pengaruh dari bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

elisabet lusitania putri sengga, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

References

Ameliah, M. (2016). “Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon.” Eduma 5(1): 9-21.

Aristiani. (2016). “Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual.” Jurnal Konseling Gusjigang 2 (2).

Aryanti, S. (2019). “Menningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Berbicara Di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2 (2).

Azhar, A., & Basry, B. (2018). “Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu”. Jurnal Psychomutiara 1(1): 15-29.

Bachtiar, A. (2019). Tampil Beda Dan Percaya Diri Itu Ada Seninya . Yogyakarta : Araska Publisher.

Endriani, A. (2016). “Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Ma Nurul Ishlah Nw Beleka Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1): 77-78

Fadilah, S. N. (2019). “Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3(2): 167.

Farid, D. A. M. (2020). “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Desentisasi Sistematik Untuk Mereduksi Kecemasan Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Quanta 4(2).

Farid, D. A. M. (2021). “Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Unipa Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Buana Pendidikan 17(1): 76-83.

Hapasari & Primastuti. (2014). “Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya.” Psikodimensia 13(1): 60.

Lianawati, A. (2017). “Bimbingan Kelompok Teknik Family Sculpture Untuk Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Siswa Dengan Anggota Keluarga.” Jurnal Buana Pendidikan 13.

Nugraha, A. B. & Ajie, G. R. (2019). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri.” Indonesian Journal Of Educational Research And Review 2 (3): 408.

Pranoto, H. (2016). “Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara.” Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro 1(1): 100-111.

Purwanti. (2018). Konsep Dan Pedoman (PPK). Jakarta: Erlangga.

Rakasiwi, N. (2020). “Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.” Consilium 7 (1): 32–44.

Sukmawati, I. (2019). “The Effectiveness Of Sociodrama Techniques Group Settings To Improve The Prosocial Attitude Of SMA Adabiah 2 Padang Students.” Jurnal Neo Konseling 1(4): 1-12.

Suyati, T. (2020). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Percaya Diri Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gubug.” Pamomong: Journal of Islamic educational counselling 1(2): 81-99.

Widjaja, H. (2016). Berani Tampil Beda Dan Percaya Diri. Yogyakarta: Raja Publisher.

Downloads

Published

2023-12-27