PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v5i2.3609Keywords:
Bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diriAbstract
Penelitian dilakukan supaya bisa mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan_teknik sosiodrama terhadap_percayaan_diri siswa SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil data persebaran skala pengukuran menunjukan bahwa siswa di SMA Hang Tuah 4 Surabaya takut menjawab pertanyaan, merasa malu, enggan mengemukakan pendapat, tidak mudah bergaul, tidak memiliki rasa tanggung jawab. One Group Pre-test Post-test Design sebagai rancangan Pra-Eksperimental diterapkan sebagai strategi kuantitatif penelitian ini. Populasi penelitin ini adalah siswa SMA Hang Tuah 4 Surabaya dengan jumlah 124 siswa. Subjek penelitian ini terdapat 8 siswa yang mengalami percaya diri rendah dengan menggunakan teknik random sampling. Data dari subjek dianalisa dengan memanfaatkan software SPSS versi Windows 26.0 dengan teknik uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon pada tabel yang terdapat Asymp. Sig (2 – tailed) ialah 0,012 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Hasil post-test dari 8 siswa menunjukkan perubahan dibandingkan dengan hasil pre-test peningkatan percaya diri dimana 6 siswa dikategori rendah menjadi sedang dan 2_siswa lainnya dikategorikan dari rendah ke tinggi. Hal itu mengartikan bahwa perubaha percaya diri siswa mendapatkakan peningkatan akibat adanya pengaruh dari bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Downloads
References
Ameliah, M. (2016). “Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon.” Eduma 5(1): 9-21.
Aristiani. (2016). “Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual.” Jurnal Konseling Gusjigang 2 (2).
Aryanti, S. (2019). “Menningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Berbicara Di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2 (2).
Azhar, A., & Basry, B. (2018). “Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu”. Jurnal Psychomutiara 1(1): 15-29.
Bachtiar, A. (2019). Tampil Beda Dan Percaya Diri Itu Ada Seninya . Yogyakarta : Araska Publisher.
Endriani, A. (2016). “Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Ma Nurul Ishlah Nw Beleka Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1): 77-78
Fadilah, S. N. (2019). “Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3(2): 167.
Farid, D. A. M. (2020). “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Desentisasi Sistematik Untuk Mereduksi Kecemasan Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Quanta 4(2).
Farid, D. A. M. (2021). “Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Unipa Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Buana Pendidikan 17(1): 76-83.
Hapasari & Primastuti. (2014). “Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya.” Psikodimensia 13(1): 60.
Lianawati, A. (2017). “Bimbingan Kelompok Teknik Family Sculpture Untuk Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Siswa Dengan Anggota Keluarga.” Jurnal Buana Pendidikan 13.
Nugraha, A. B. & Ajie, G. R. (2019). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri.” Indonesian Journal Of Educational Research And Review 2 (3): 408.
Pranoto, H. (2016). “Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara.” Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro 1(1): 100-111.
Purwanti. (2018). Konsep Dan Pedoman (PPK). Jakarta: Erlangga.
Rakasiwi, N. (2020). “Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.” Consilium 7 (1): 32–44.
Sukmawati, I. (2019). “The Effectiveness Of Sociodrama Techniques Group Settings To Improve The Prosocial Attitude Of SMA Adabiah 2 Padang Students.” Jurnal Neo Konseling 1(4): 1-12.
Suyati, T. (2020). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Percaya Diri Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gubug.” Pamomong: Journal of Islamic educational counselling 1(2): 81-99.
Widjaja, H. (2016). Berani Tampil Beda Dan Percaya Diri. Yogyakarta: Raja Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 elisabet lusitania putri sengga, ayong lianawati, dimas ardika miftah farid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.