EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.4711Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis pre- eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Adapun metode pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini mengambil 7 siswa dari populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan analisis uji non-parametrik Wilcoxon. Berdasarkan hasil rata-rata pretest sebesar 43.86 dan rata-rata hasil posttest 58.57 hal ini berarti terdapat kenaikan rata-rata sebesar 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian Layanan Konseling Kelompok menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Purwaningrum, Yuliana eka Paramitha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.