EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Shinta Purwaningrum Universitas PGRI Yogyakarta
  • Yuliana Eka Paramitha Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.4711

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis pre- eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Adapun metode pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri, populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini mengambil 7 siswa dari populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan analisis uji non-parametrik Wilcoxon. Berdasarkan hasil rata-rata pretest sebesar 43.86 dan rata-rata hasil posttest 58.57 hal ini berarti terdapat kenaikan rata-rata sebesar 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian Layanan Konseling Kelompok menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30