TINGKAT KEDISIPLINAN MENAATI TATA TERTIB SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG

Authors

  • Shinta Muliawati Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.5144

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan mentaati tata tertib siswa kelas XI SMA Negeri 14 Semarang. Kedisiplinan dalam menataati tata tertib ini merupakan bentuk kesungguhan suswa dalam belajar di sekolah. Siswa yang memiliki kedisiplinan tinggi identik dengan bagaimana cara mereka mengenakan seragam sekolah yang sesuai dengan aturan. Siswa yang memiliki perilaku disiplin akan menaati tata tertib sekolah dengan perasaan senang, suka rela, dan tanpa paksaan orang lain. Mereka akan melakukan hal tersebut terus menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif dengan metode skala. Adapun strategi pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan  probability sampling berdasarkan simple random sampling untuk memilih 268 siswa  kelas XI.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan mentaati tata tertib siswa kelas  XI di SMA Negeri 14 Semarang  tingkat presentase tertinggi yaitu 44,8%  sejumlah 120 siswa, kategori sangat tinggi yaitu 7,5% sejumlah 20 siswa, kategori tinggi 32,5% sejumlah 87, dan kategori rendah 41 siswa dengan presentase 15,3%. Hal ini dikarenakan berbagai hal diantaranya yaitu dari dalam diri siswa seperti pengetahuan, kesadaran, ketaatan, keinginan berprestasi, dan latihan berdisiplin. Faktor eksternal mencakup lingkungan, alat pendidikan, teman, saudara, kebiasaan dan pembinaan dari rumah, sarana yang menunjang, pengawasan, hukuman, nasihat, dan sebagainya. Simpulan penelitian ini yaitu rata-rata siswa memikili kriteria sedang dalam tata tertib di sekolah. Hal ini membuktikan bahwa masih adanya potensi siswa untuk melakukan aktivitas penyimpangan tata tertib sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30