Implementasi Layanan Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Melanjutkan Studi

Authors

  • Mahabbatullaina UINSI Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.5176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan karier untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian  yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi 5 informan yaitu Guru BK, Guru Koordinasi Kelas, Kepala Sekolah dan 2 Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Fenomenologi Data Analisis (FDA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan karier mempunyai tahapan kegiatan yakni: Pertama, Perencanaan dilakukan dengan mengobservasi dan menganalisis lalu mengindentifikasi kebutuhan peserta didik melalui penyebaran Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) dan Angket Peminatan. Kedua, Pelaksanaan dilakukan dengan pertemuan lintas bersama orang tua dalam berdiskusi mengenai karier para siswa dan organisasi mahasiswa serta melakukan berkolaborasi bersama guru koordinasi. Ketiga, Penilaian dilakukan berupa Penilaian Segera (Laiseg). Keempat, Evaluasi dilakukan dengan mengisi angket evaluasi hasil layanan terlihat dari hasilnya yaitu para siswa sudah mempunyai keputusan yang baik dalam kariernya. Kelima, Tindak lanjut dilakukan dengan mengadakan pertemuan bersama orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30