Implementasi Layanan Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Melanjutkan Studi
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v6i1.5176Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan karier untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini meliputi 5 informan yaitu Guru BK, Guru Koordinasi Kelas, Kepala Sekolah dan 2 Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Fenomenologi Data Analisis (FDA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan karier mempunyai tahapan kegiatan yakni: Pertama, Perencanaan dilakukan dengan mengobservasi dan menganalisis lalu mengindentifikasi kebutuhan peserta didik melalui penyebaran Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) dan Angket Peminatan. Kedua, Pelaksanaan dilakukan dengan pertemuan lintas bersama orang tua dalam berdiskusi mengenai karier para siswa dan organisasi mahasiswa serta melakukan berkolaborasi bersama guru koordinasi. Ketiga, Penilaian dilakukan berupa Penilaian Segera (Laiseg). Keempat, Evaluasi dilakukan dengan mengisi angket evaluasi hasil layanan terlihat dari hasilnya yaitu para siswa sudah mempunyai keputusan yang baik dalam kariernya. Kelima, Tindak lanjut dilakukan dengan mengadakan pertemuan bersama orang tua.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ahabbatullaina ahmad, Mahabbatullaina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.