LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA

Authors

  • Chika Andriani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v1i2.584

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh layanan informasi dengan media puzzle untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui skala psikologi untuk mengetahui data tentang tingkat perilaku bullying siswa. Hasil analisis data diperoleh hasil uji t-hit = 30,239, selanjutnya dikonsultasikan dengan t-tab dengan derajat kebebasan = 32 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-tab 1,694. Jadi hasil perhitungan t-hit lebih besar dari t-tab dengan taraf signifikansi 5% (30,239>1,694) sehingga hipotesis berbunyi Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Puzzle Perilaku Bullying pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020 diterima kebenarannya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Puzzle Perilaku Bullying pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Astuti, P. A. 2008. Meredam bullying : 3 cara efektif mengenal K.P.A. Jakarta : PT. Grasindo

Arikunto. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Danner, M.J.E & Carmody, D. C. 2001. Missing Gender In Cases of Infamous School Vidence. Justice

Darmawan. 2017. Fenomena bullyingdi Lingkungan Sekolah. Universitas Tadulako. Jurnal

Kependidikan. Volume 1.hlm 253-262, (https://jurnal.ugm.ac.id diakses pada Tanggal 24 April

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan.Sukoharjo:Univet Bantara Press.

Ismail. 2010. Pedoman Menulis Skripsi. Sukoharjo: Univet Bntara Press

Kamus Besar Bahasa Indonesi, Tim Penyusun. 2005. Jakarta: Balai Pustaka

Lee, Chen, P., Kaur,J. 2007. Violence Related Behaviors Among. Jurnal pubmed, 17

Lutfi Arya, 2018. Melawan Bullying. Sepitar

Margono.2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Musfiroh. 2008. Cerdas melalui bermain. Jakarta. PT. Gramedia

Nursalim, Mochamad dan Suradi.2002.Layanan Bimbingan dan Konseling:Unesa University.

Prayitno.2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok.Padang:Universitas Negeri Padang.

Priyatna. 2010. Dalam Dunia Pendidikan Diperlukan Kurikulum Anti Kekerasan. Jurnal Psikologi.

(2) 129-140,(http://ojs.fkip.ummetro.ac.id, diakses tanggal 16 April 2019)

Seem, D. 2004. PerilakuBullying pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi,39 (2), 233-243.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Peneitian. Alfabeta, CV.

Suharman. 2008. Panduan Penggunaan Alat Peraga. Yogyakarta: UD. Peraga Pembina

Suciaty. 2010. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Unesa 3(1), 1-11, (https://journal.unnesa.ac.id, diakses pada tanggal 23 April 2019)

Sumadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdaharya

Tulus Winarsunu, 2002. Statistik Psikologi Pendidikan. UUM Press

Published

2020-03-11

Issue

Section

Artikel