MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i2.592Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, berdasarkan teknik prosentase untuk membandingkan kedisiplinan belajar siswa dari pra siklus, siklus I, siklus II. Apabila hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar dan sudah mencapai indikator kinerja, maka penelitian tindakan ini dinyatakan telah berhasil dan dapat dihentikan. Dari perolehan data pra siklus, 8 siswa subjek penelitian memperoleh skor 92 dengan persentase 61% masuk dalam kategori cukup baik. Perbaikan pada siklus I memperoleh skor 103 dengan persentase 69% dengan kategori baik. Perbaikan pada siklus II memperolah skor 121 dengan persentase 81% masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil observasi pada pra siklus, siswa memperoleh persentase 35% dengan kategori kurang baik. Setelah perbaikan siklus I siswa memperoleh persentase 48% dengan kategori cukup baik dan perbaikan siklus II memperolah persentase 68% dengan kategori baik.Downloads
References
Asrian Dani Aliya, Putri Eka Dona. (2010). Vol.3. No.2. Jurnal Psikologi. Sikap Ayah dan Ibu Tehadap Kekerasan oleh Guru. Diakses pada tanggal 25 januari, pukul 12.30. Depok : Universitas Gunadarma. Retrieved from http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/235.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Bumi Aksara. Djamarah, Saiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ismail. (2011). Penelitian Pendidikan. Sukoharjo : UNIVET BANTARA PRESS.
Ismail, Triyanto Bambang. (2011). Pedoman Menulis Skripsi (Edisi Revisi). Sukoharjo : UNIVET BANTARA PRESS.
Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
Rosidah, Ainur. (2016). Vol.2. No.2. Jurnal Fokus Konseling. Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Diakses pada tanggal 7 April, pukul 09.30. Pringsewu : STKIP Muhammadiyah Pringsewu. Retrieved from http://scholar.google.co.id/citations.
Santrock. (2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung : CV ALFABETA.
Sutama. (2014). Penelitian Tindakan PTK, PTS dan PTBK. Surakarta : FAIRUZ MEDIA.
Wibowo, NAK., Maulana, MA & Susanto, B. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA.
Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1). Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/Advice.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.