PENGEMBANGAN MODEL PUSAT LAYANAN KONSELING MAHASISWA (PLKM) / COUNSELING CENTER UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Authors

  • Makin Makin
  • Eko Perianto
  • Taufik Agung Pranowo
  • Ari Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v1i2.595

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan Universitas PGRI Yogyakarta ini diantaranya 1) mengetahui kebutuhan akan layanan konseling bagi mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta, 2) mengetahui problematika mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta, 3) menemukan model Pusat Layanan Konseling Mahasiswa di Universitas PGRI Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall diantaranya (1) Penelitian dan pengumpulan informasi data (research and information collecting), (2) Perencanaan (planning), (3) Pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), (4) Uji coba lapangan awal (preliminary field testing), (5) Merevisi hasil uji coba (main product revision), (6) Uji coba lapangan utama (main field testing), (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan(operasional product revision), (8) Uji pelaksanaan lapangan(operasionalfield testing), (9) Penyempurnaan produk akhir (final product revision), (10) Desiminasi dan Implementasi (dissemination and implementation). Hasil dari penelitian ini yaitu 1) mahasiswa membutuhkan dari layanan konseling untuk mengatasi permasalahan dan pengembangan diri, 2) problematika yang dialami mahasiswa UPY sangat beragam, 3) model telah ditemukan sesuai dengan kebutuhan dari mahasiswa sebagai calon konseli.

References

Defriyanto dan Neti Purnamasari. 2016. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir Dalam Meningkatkan Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi Kelas XII Di SMA Yadika Natar. Skripsi. Hal. 271-285. IAIN Raden Intan Lampung.

Gibson, Robert L dan Marianne H Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi Riyanto dan Abd. Syakur. 2013. Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menangani Trauma Seorang Siswa Pasca Penganiayaan Di SCCC (Surabaya Children Crisis Centre). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Hal. 163-183. IAIN Sunan Ampel.

I Nyoman Subagia Ardana, I Ketut Dharsana, dan Kadek Suranata. 2016. Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Undiksa.

Kusmawati Hatta. 2016. TRAUMA DAN PEMULIHANNYA: Suatu Kajian Berdasarkan Kasus Pasca Konflik dan Tsunami. Dakwah Ar-Raniriy Press. UIN Ar-Raniry Aceh.

Maisaroh, Siti. 2011. Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Islam.http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2037794-bimbingan-dan-konseling-dalam-pendidikan/. Artikel. Diakses tanggal 25 Februari pukul 08.42 WIB.

Meredith, D., G. Gall P. Joyce, P., G. Walter, R., G. 2007. Educational Research : Eighth Edition. USA : Pearson.

Nana, S., S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Mestro.

Nurmelly, Mely. 2011. Peran Agama Dalam Bimbingan dan Konseling. Widyaswara Muda bdk. Palembang.

Nana, S., S. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek (Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa). Bandung: Mestro.

Prayitno dan Erman, A. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tri Sutanti, 2015. Pelaksnaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang. Volume: 1, Nomor: 1, Tahun: 2015. Universitas Muria Kudus.

Published

2019-12-31

Issue

Section

Artikel