EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.664Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknikDiskusi efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 123 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak6 siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan rumus uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t-test diperoleh nilai t = 14.556 dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. Oleh karena hipotesis penelitian terbukti kebenarannya maka kesimpulan penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020.
Keyword : bimbingan kelompok, teknik diskusi, kemandirian belajarDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.