Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Mengatur Waktu Belajar Melalui Layanan Bimbingan Klasikal
Strategi Mengatasi Overwork Guru BK dalam Mendukung Kesejahteraan Siswa di SMK Negeri 1 Haurwangi
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v7i1.6739Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal melalui teknik sosiodrama dalam meningkatkan manajemen diri siswa dalam mengatur waktu belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tanjung Morawa yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik sosiodrama, siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya pengelolaan waktu dan mampu menerapkan strategi belajar yang lebih terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang jelas dalam motivasi belajar siswa. Pada tahap pre-test, 54,5% siswa berada dalam kategori motivasi belajar yang rendah. Setelah pelaksanaan Siklus I, persentase tersebut menurun menjadi 21,2%, dan pada Siklus II, angka ini kembali menurun hingga mencapai 0%. Di sisi lain, siswa dengan motivasi belajar tinggi meningkat dari 18,2% pada pre-test menjadi 42,4% di Siklus I, dan mengalami pertumbuhan yang signifikan menjadi 75,8% di Siklus II. Penggunaan tekhnik sosiodrama terbukti efektif dalam membantu siswa memahami pentingnya manajemen waktu melalui peran dan simulasi situasi nyata, serta meningkatkan kesadaran diri dan rasa tanggung jawab.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Sulistiani Aprianti, Dewi Lestari, Melani Puja Astuti, Muhammad Rezza Septian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.