Penggunaan Permainan Jenga Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Madrasah Aliyah
Judul, Abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan , referensi
Abstract
Konsentrasi adalah Kemampuan siswa dalam memusatkan perhatian pada tugas tertentu. Dalam layanan bimbingan kelompok, konsentrasi sangat penting karena berdampak pada ketercapaian tujuan layanan.Penelitian ini penting dilakukan karena realita di sekolah menunjukkan konsentrasi siswa dalam layanan tergolong rendah, ditunjukkan oleh perilaku seperti melamun, berbicara dengan teman, bermain alat tulis, dan kurangnya perhatian terhadap materi layanan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test satu kelompok melalui kuesioner skala Likert dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan pengujian normalitas untuk distribusi data dan uji paired sample t-test untuk menguji peningkatan konsentrasi Pra dan pasca perlakuan, dan uji n-gain untuk melihat efektivitas permainan jenga untuk meningkatkan konsentrasi siswa. hasil studi menunjukkan peningkatan konsentrasi siswa yang signifikan setelah diberikan permainan Jenga, dengan Nilai rata-rata N-Gain mencapai 0,60 (60%) dalam kategori sedang, dengan hasil uji t berpasangan thitung 26,209 > ttabel 2,571 dengan signifikansi < 0,05. Kesimpulannya, permainan jenga Layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan fokus belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yunasti Mahera Mahera, Evi Zuhara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.