Penggunaan Permainan Jenga Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Madrasah Aliyah

Judul, Abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan , referensi

Authors

  • Yunasti Mahera Mahera Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh
  • Evi Zuhara Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Konsentrasi adalah Kemampuan siswa dalam memusatkan perhatian pada tugas tertentu. Dalam layanan bimbingan kelompok, konsentrasi sangat penting karena berdampak pada ketercapaian tujuan layanan.Penelitian ini penting dilakukan karena realita di sekolah menunjukkan konsentrasi siswa dalam layanan tergolong rendah, ditunjukkan oleh perilaku seperti melamun, berbicara dengan teman, bermain alat tulis, dan kurangnya perhatian terhadap materi layanan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test satu kelompok melalui kuesioner skala Likert dan observasi. Pengolahan data dilakukan dengan pengujian normalitas untuk distribusi data dan uji paired sample t-test untuk menguji peningkatan konsentrasi Pra dan pasca perlakuan, dan uji n-gain untuk melihat efektivitas permainan jenga untuk meningkatkan konsentrasi siswa. hasil studi menunjukkan peningkatan konsentrasi siswa yang signifikan setelah diberikan permainan Jenga, dengan Nilai rata-rata N-Gain mencapai 0,60 (60%) dalam kategori sedang, dengan hasil uji t berpasangan thitung 26,209 > ttabel 2,571 dengan signifikansi < 0,05. Kesimpulannya, permainan jenga Layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan fokus belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-30