PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOPOK UNTUK PEANTAPAN PEMILIHAN KARIR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.684Keywords:
pilihan karir, self management, bimbingan kelompokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan strategi self-management dalam bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, diberikan kepada 6 orang siswa kelas XI MIPA 4 yang mendapat skor pemantapan pemilihan karier rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran pemantapan pemilihan karier pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,027 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pengaruh signifikan dalam bimbingan kelompok dengan strategi self-management terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.