Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Mengatur Waktu Belajar Melalui Layanan Bimbingan Klasikal

Authors

  • APRIANI HARAHAP Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Nurhafni Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Erwita Ika Violina Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah
  • Sekar Ayu Anjarani Sipayung Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v7i1.7088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal melalui teknik sosiodrama dalam meningkatkan manajemen diri siswa dalam mengatur waktu belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tanjung Morawa yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik sosiodrama, siswa menjadi lebih sadar akan pentingnya pengelolaan waktu dan mampu menerapkan strategi belajar yang lebih terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang jelas dalam motivasi belajar siswa. Pada tahap pre-test, 54,5% siswa berada dalam kategori motivasi belajar yang rendah. Setelah pelaksanaan Siklus I, persentase tersebut menurun menjadi 21,2%, dan pada Siklus II, angka ini kembali menurun hingga mencapai 0%. Di sisi lain, siswa dengan motivasi belajar tinggi meningkat dari 18,2% pada pre-test menjadi 42,4% di Siklus I, dan mengalami pertumbuhan yang signifikan menjadi 75,8% di Siklus II. Penggunaan teknik sosiodrama terbukti efektif dalam membantu siswa memahami pentingnya manajemen waktu melalui peran dan simulasi situasi nyata, serta meningkatkan kesadaran diri dan rasa tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-30