LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.781Abstract
Di dalam studi kepustakaan ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan tentang peran bimbingan kelompok teknik modeling dalam meningkatkan sikap sopan santun. Metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah studi kepustakaan. Hasil dari penulisan ini adalah 1) Keberhasilan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan sikap sopan santun. 2) Pengaplikasian teknik modeling menggunakan bimbingan kelompok. 3) Sasaran atau penerapan layanan bimbingan kelompok teknik modeling ialah pada siswa SMP, SMA dan SMK. Bagi guru BK supaya terus mengeksplorasi pendekatan konseling dan mengintensifkan pemberian bimbingan kelompok teknik modeling dalam mengatasi masalah sikap sopan santun.
Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Sikap Sopan Santun, Teknik Modeling.
Downloads
References
Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Apriatama, Dony Azzahra. 2018. Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Belom Bahadat Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangkaraya. Diunduh di https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/1515 pada 3/6/2020.
Arifin Zul, Tri Umari, Rosmawati. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Nilai-nilai Karakter Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 12 Pekanbaru Tahun
Pelajaran 2014/2015. File Article.pdf. Diunduh di https://media.neliti.com/media/publications/202246-pengaruh-layanan- bimbingankelompok-terh.pdf pada 17/5/2020.
Erford, Bradley T. 2015. 40 TeknikYang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kumalasari, Intan, Anggilina P, Rizky SA. 2017. Pengembangan Budaya Sopan Santun Menggunakan Teknik Modeling dalam Menghadapi Abad 21. File Article.pdf. Diunduh
di http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/22_Intan_Kumala_Sari_dkk_141- 145.pdf pada 25/3/2020.
Prayitno, Afdal, Ifdil, Zadrian Ardi. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Roshita, Ita. 2015. Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Diunduh di http://www.i- rpp.com/index.php/jptbk/article/viewFile/223/223 / pada 17/5/2020.
Sundah, Ariantje J. A. 2017. Bimbingan Konseling Kelompok. Malang: Seribu Bintang.
Suryani, Lilliek. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Berbicara dengan Teman
Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Diunduh di https://adoc.tips/upaya-meningkatkan-sopan-santun-berbicara-dengan-teman- sebay.html pada 25/3/2020.
Syahrul, Muhammad, Nur Setiawati. 2020. Konseling (Teori dan Aplikasinya). Sulawesi Selatan: Aksara Timur.
Jurnal Advice, Vol 2 (2); p.132-145, Desember 2020 ISSN (Cetak): 2685-9130/ISSN (Online) : 2685-9122
journal.univetbantara.ac.id | 145
Wahyuni DA, Lydia EK. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Sopan Santun Siswa Kepada Guru (Penulisan pada Kelas VIII SMP N 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018). Diunduh di http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/2702 pada 5/5/2020.
Wahyuningsih TE, Awalya, Maria TSH. 2018. Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa. Diunduh di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/19793/11522 pada 17/5/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.