PENERAPAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMANTAPAN PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMA

Authors

  • Niken Anisa Putri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Bambang Susanto
  • Panggih Wahyu Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.822

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan peran guru BK SMA dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif, maka jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis, disertasi, peraturan-peraturan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber-sumber tertulis yang lain. Faktor pengaruh minat ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik menunjukkan hasil yang cukup tinggi, dengan alasan pendidikan adalah hal yang penting bagi mereka dalam meraih cita-cita. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui mengenai keberhasilan bahwa peran guru BK SMA dapat meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. 2016. Minat Siswa/Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Kota Kediri Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Realita, Vol.14, No.2, 234-245.

Armalita, Sinta. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII Jurusan Tata Boga Di SMK Negeri 4 Dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Diunduh pada eprints.uny.ac.id.. Pada tanggal 15 Mei 2020.

Astuti, Casmudi, dan Sugianto. 2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling SMA Patra Dharma Balikpapan Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Edueco Universitas Balikpapan, Vol.2, No.2 Desember 2019.

Atalia. 2018. Minat Tamatan Sma Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi: Lingkungan Teman Sebaya Dan Status Ekonomi. Jurnal Ranah Research, Vol. 1 No. 1 (2018).

Damayanti, Aslina. 2014. Pengaruh Minat Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Kunto Darussalam. Skripsi thesis. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. [Online]. Diunduh pada repository.uin-suska.ac.id. Pada tanggal 2 April 2020.

Eriyono, M.E. 2013. Penerapan Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Pasca Sertifikasi (Studi Deskriptif Pada Guru Bimbingan Dan Konseling SMP Negeri Se-Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013). Semarang: Universitas Negeri Semarang. [Online]. Diunduh pada lib.unnes.ac.id. Pada tanggal 2 Juli 2020.

Fadillah, A.S., dan Iswandi S. 2019. Kajian Minat Studi Lanjut Siswa SMA/SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, Vol. 3 No. 1 2019, Hal. 53-62.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara.

Handaka, I.B dan Cecep Maulana. 2017. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional. Jurnal Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1, 2017, hlm. 227-237.

Hayati, Fitri. 2016. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di MA. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol.10, No.6, hlm.603-07.

Indriyanti, N., Siswandari, dkk. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2013. Jurnal Jupe UNS, Vol.1, No.2 1-10.

Ismail dan Bambang T. 2011. Pedoman Menulis Skripsi. Sukoharjo: Univet Bantara Press.

Kasih, Fitria. 2017. Profil Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelayanan Kelompok Di SMA Sumatra Barat. Jurnal Counseling Care, Vol.1, No.1, 13-26.

Khadijah, S., Henny, dkk. 2017. Analisis Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, No. 2, Desember 2017.

Lestari, Mugi. 2013. Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri Se-Kota Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [Online]. Diunduh pada https://lib.unnes.ac.id. Pada tanggal 20 Mei 2020.

Limbong, Mesta. 2017. Upaya Guru Melakukan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Dasar 9 Tahun. Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4- 6 Agustus 2017. [Online]. Diunduh pada journal2.um.ac.id. Pada tanggal 15 Juni 2020.

Nandasari, Wika. 2019. Analisis Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Dari Keluarga Nelayan. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak. [Online]. Diunduh pada jurnal.untan.ac.id. Pada tanggal 11 Mei 2020.

Nisa, Afiatin. 2018. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan dan Konseling (E Journal) 05 (1), 2018, 01-08.

Noor, Moh. 2019. Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.

Putri, N.V. 2019. Tingkat Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Merencanakan Program BK Di Sekolah (Studi Deskriptif Kompetensi Merencanakan Program BK Guru-guru MGBK SMA/MA Sleman). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. [Online]. Diunduh pada repository.usd.ac.id. Pada tanggal 5 Juli 2020.

Rifma. 2016. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Prenamediagroup.

Rukaya. 2019. Aku Bimbingan dan Konseling. Bogor: Guepedia.

Saputra, J. 2017. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Membalong Kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. [Online]. Diunduh pada repository.upy.ac.id. Pada tanggal 17 Mei 2020.

Setiaji, K., dan Desy, R. 2017. Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMK N Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.10, No.1.

Setiawan, Reksa. 2018. Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Dharma Putra Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Jilid 4, Nomor 2, Juli 2018, Hal. 176-190.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sundah, A.J.A .2018. Psikologi Konseling. Malang: CV.Seribu Bintang.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep,Teori, dan Aplikasinya. Jakarta : Prenadamedia Group.

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Tim. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kemendikbud.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, S.A., dan Nailul, F. 2015. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan Peserta Didik MAN 1 Magelang. Jurnal Hisbah, Vol. 12, No. 2 Desember 2015.

Yulianti, N.K.E., dan Samuel, S.P. 2015. Minat Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bolano Lambuno Untuk Melanjutkan Studi ke Jenjang Perguruan Tinggi. Jurnal Geo Tadulako, Vol.3, No.6 Desember 2015.

Zed, Mestika. 2017. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published

2020-06-15

Issue

Section

Artikel