MENINGKATKAN MINAT BACA PADA BUKU PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.823Abstract
Rendahnya minat membaca pada buku pelajaran dialami oleh siswa SMP sehingga dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui penyebaran DCM pada siswa SMP N 6 Sukoharjo, didapatkan bahwa dari jumlah siswa sebanyak 32 siswa, terdapat 20 siswa yang jarang membaca buku pelajaran. Mereka hanya membaca buku pelajara bila akan menghaddpi ujian, ulangan, ataupun tugas. Membaca buku pelajaran merupakan hal yang fundamental dalam aktivitas belajar, sarana untuk memahami sesuatu hal yang perlu diketahui oleh siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan kognitif akademik. Minat baca merupakan ketertarikan yang tinggi terhadap buku pelajaran yang muncul atas kemauan sendiri. Peneliti ingin mencoba untuk meningkatkan minat baca terhadap buku pelajaran melalui layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok memberikan kesempatan bagi anggota untuk saling beragumentasi dan membahas topik umum yang penting untuk diketahui oleh anggota, sehingga dapat memberikan pemahaman dan merubah perilaku secara tidak langsung. Uji wilxocon diperoleh nilai Z hitung sebesar -2.80, karena nilai ini dianggap nilai mutlak maka tanda negatif tidak diperhitungkan, jadi nilai Z hitung didapatkan sebesar 2.80. Untuk selanjutnya nilai ini dbandingkan dengan Z tabel dengan taraf kesalahan 0.025, maka didapat nilai Z tabel sebesar 1.96 berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa nilai 2.80 lebih dari 1.96 maka Z hitung lebih besar dari Z tabel. Oleh sebab itu hipotesis diterima. Maka dengan demikian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat membaca siswa pada buku pelajaranDownloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka cipta
Azwar, Syarifudin. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gibson, Robert & Mariane Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jalal, Fasli. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas
Nathanson, S., Pruslow, J. & Levitt, R. 2008. The Reading Habits and Literacy Attitudes of Inservice and Prospective Teachers: Results of a Questionnaire Survey. Journal of Teacher Education 2008; 59; 313
Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta : Dikti PPLPTK
Semiawan, Conny R. 2002. Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Siregar, A.R. 2008. Strategi Mengembangkan Kebiasaan Membaca Mahasiswa. (diunduh tanggal 15 November 2010). http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1802/1/08E00519.pdf
Siswati. 2010. Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I). Jurnal Psikologi Vol 08 No 2. Fakultas Psikologi. Undip. (https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/2957/2643)
Sukardi, Dewa Ketut. 2012. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta
Walgito, Bimo. 2004.Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Wicaksana, Galuh. 2011. Buat Anakmu Gila Baca. Yogyakarta : Buku Biru
Winkel.W.S & M.M. Hastuti.Sri.2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi
Yulia, Anna. 2005. Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: PT. Gramedia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.