PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ANAK CACAT) DI KECAMATAN RANO KABUPATEN TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.824Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran peranan orang tua dalam membimbing anak dan cara yang digunakan orang tua dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus (anak catat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Bagaimana metode yang digunakan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak berkebutuhan khusus (anak cacat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa peran orang tua dalam membimbing anak yang memiliki ketidak sempurnaan tubuh atau anak yang berkebutuhan khusus sangat penting, karena adanya bimbingan dari orang tua sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membuat anak lebih percaya diri, lebih bisa bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan dimana dia bisa bergaul dengan teman sebayahnya yang memiliki anggota tubuh yang lengkap. Sehingga anak tersebut bisa bergaul dengan masyarakat yang ada di lingkungannya.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati Nur, 2001, Ilmu Pendidikan Islam, Cet: II, Jakarta: Rineka cipta
Daradjat Zakiah, 2000 , Ilmu Pendidikan Islam, Cet IV. Jakarta: Bumi aksara
Hurlock B, Elizabeth (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo, Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi V. Jakarta: Erlangga
Kemenkes, 2013. Profil Kesehatan Indoneia 2012. Kemenkes RI.
Mansur, 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moleong Lexy J, 2005. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Siahaan N Henry, 1986. Peran Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Aksara
Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Suryosubroto, 1990. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-undang SISDIKNAS 2005, (Sistem Pendidikan Nasional) UNDANG-UDANG RI No. 20 Th 2003. Jakarta: Sinar Grafika
Yusuf Samsu, 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Wauran, M. 1997. Pendidikan Anak Sebelum Sekolah. Bandung: Indonesia Publishing House
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.