KEGIATAN BELAJAR BERSAMA ANGKRING SINAU SEBAGAI SOLUSI PENGONDISIANBELAJARAKTIFDAN KREATIF DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sugeng Santoso

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaanAngkring Sinau yang dilaksanakan di RT 1 RW 2 Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, sebagai solusi pengondisian belajar aktif dan kreatid di tengah pandemi COVID19.Angkring Sinauadalah kegiatan belajar bersama untuk siswa usia TK s/d SMPdengan melibatkan sukarelawan pengajar.Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang diteliti adalahpengondisianbelajar aktif dan kreatif di tengah pandemi COVID-19, sedangkan objeknya adalah kegiatan belajar bersama Angkring Sinau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Setelah data terkumpul lalu akan dioleh dengan teknik Miles dan Huberman, yang meliputi beberapa tahap; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini medapatkanhasil bahwa persiapan danpelaksanaanAngkring Sinauterdiri dari lima tahap. Tahap-tahap tersebut adalah persiapan, perizinan, penyosialisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Tanggapandari siswa dan orang tua pun juga baik. Harapan dibentuknya kegiatanAngkring Sinauadalah dapat menciptakan ruang belajar yang aktif dan kreatif untuk siswa, sehingga dapat membantumeningkatkanhasil belajar dari segi kuantitas dan kualitas.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Artikel