UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEl PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SDN 04 TANJUNG BATU

Authors

  • Anita Anita SD 04 TANJUNG BATU

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1347

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada SDN 24 Tanjung Batu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Number Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 24 Tanjung Batu Kec. Tanjung Batu KabupTen Ogan Ilir.
Model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti.
Pada siklus I indikator keberhasilan nilai siswa adalah ada 13 siswa yang telah mencapai KKM prosentase ketuntasan adalah 65,00 % cukup. Sedangkan pada Siklus II indikator keberhasilan nilai siswa adalah 17 yang telah mencapai KKM 70 prosentase ketuntasan adalah 85,00 %  kategori Sangat Tinggi. Berarti ketuntasan belajar telah melampaui 75%, indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai yaitu lebih  dari 75 % siswa Kelas V telah mencapai Kriteria  ketuntasan Minimal 70.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran number head together dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 24 Tanjung Batu.
 
Kata Kunci : NUMBER HEAD TOGETHER HASIL BELAJAR.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Priansa, Donni. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Bandung.

Suyono dan Haryanto. 2010. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published

2021-07-19

Issue

Section

Artikel