UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEl PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SDN 04 TANJUNG BATU
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1347Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada SDN 24 Tanjung Batu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Number Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 24 Tanjung Batu Kec. Tanjung Batu KabupTen Ogan Ilir.Model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti.
Pada siklus I indikator keberhasilan nilai siswa adalah ada 13 siswa yang telah mencapai KKM prosentase ketuntasan adalah 65,00 % cukup. Sedangkan pada Siklus II indikator keberhasilan nilai siswa adalah 17 yang telah mencapai KKM 70 prosentase ketuntasan adalah 85,00 % kategori Sangat Tinggi. Berarti ketuntasan belajar telah melampaui 75%, indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai yaitu lebih dari 75 % siswa Kelas V telah mencapai Kriteria ketuntasan Minimal 70.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran number head together dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 24 Tanjung Batu.
Kata Kunci : NUMBER HEAD TOGETHER HASIL BELAJAR.
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Priansa, Donni. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Bandung.
Suyono dan Haryanto. 2010. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.