FLIPPED CLASSROOM: ALTERNATIF BELAJAR SOSIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Yuni Sudiasih Universitas Lampung
  • Trisnaningsih Trisnaningsih Universitas Lampung
  • Risma Margaretha Sinaga Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alternatif pembelajaran Sosiologi dengan menerapkan flipped classroom pada masa pandemi Covid-19. Subjek pada penelitian deskriptif ini adalah proses pembelajaran Sosiologi di 12 kelas jurusan IPS SMAN 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat, Lampung. Data penelitian berupa proses pembelajaran Sosiologi pada masa pandemi diperoleh dengan teknik observasi diperkuat dengan wawancara terhadap guru Sosiologi di tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model flipped classroom dapat dijadikan alternatif belajar Sosiologi pada masa pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrifan, A., Festiawan, R., & Timorita Yulianti, R. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru Masyarakat Indonesia Pada Era Pandemi COVID-19: Tinjauan Berbagai Disiplin Ilmu (R. F. Adi Wijayanto, Andi Asrifan, Yulianti (ed.); I, Issue December). https://www.researchgate.net/publication/347982809

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. In J. V. Bolkan (Ed.), Internationel Society for Technology in Education, Association for Supervision and Curriculum Development (I). Courtney Burkholder.

Fikri, S. A. (2019). Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Prosiding Sendika, 5(1), 325–330.

Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A., Layuk, M., Sambo, M. S., & ... (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh Di Masa Pandemi Covid-19. Wahanavisi.Org, 1–26. https://wahanavisi.org/userfiles/post/2010055F7AA525E16B6_LGID.pdf

Kemdikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 28. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Nofrion, N. (2019). Flip Your Classroom: Flipped Classroom Melalui Penerapan Model Pembelajaran Exo Olo Task. 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/qb9wz

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1995. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Yildirim, F. S., & Kiray, S. A. (2016). Flipped classroom model in education. Research Highlights in Education Science, 3(5 S), 1–8. https://doi.org/10.24289/ijsser.348068

Published

2021-07-19

Issue

Section

Artikel