STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN PENILAIAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1406Abstract
STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN PENILAIAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN
Ratih Nur Indah Sari, Winarno,Triana Rejekiningsih
PPKn FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Email : ratihnur98@student.uns.ac.id; winarnoarmoatmojo@staff.uns.ac.id; triana_rizq@staff.uns.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi guru PPKn dalam mengembangkan instrumen penilaian kecakapan kewarganegaraan; dan 2) kendala dan solusi dalam mengembangkan instrumen penilaian kecakapan kewarganegaraan. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis spradly. Kecakapan kewarganegaraan terdiri dari kecakapan intelektual dan kecakapan partisipasi maka instrumen penilaian juga harus dapat mengukur kedua aspek tersebut. Hal ini karena penilaian PPKn merupakan gabungan dari pemahaman konsep serta penerapannya. Simpulan penelitian adalah guru dalam menilai kecakapan kewarganegaraan menggunakan bentuk penilaian kinerja, kemudian instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kinerja. Strategi yang dijalankan yaitu: a) memperhatikan karakteristik siswa setiap kelas atau jurusan/program keahlian terkait pemahaman materi dan tingkat berpikir siswa saat pembelajaran; b) memperhatikan Kompetensi Dasar (KD) dan materi yang akan dibuat soal atau instrumen; c) menyusun kisi-kisi penilaian; d) menentukan teknik dan bentuk instrumen penilaian; e) mencari permasalahan/kasus yang dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran, f) menyusun soal, kriteria (rubrik) penilaian dan pedoman penskroran; g) menelaah soal berdasarkan kaidah pembuatan soal dan kriteria instrumen penilaian psikomotor. Kendala yang dialami guru PPKn dalam mengembangkan instrumen penilaian kecakapan kewarganegaraan yaitu: a) kesulitan guru dalam menentukan permasalahan/kasus yang dikaitkan dengan materi untuk menjadi bahan diskusi atau presentasi; b) karakteristik siswa masih kurang dalam keaktifan dan penguasaan materi pembelajaran; c) kesulitan guru dalam menentukan aspek penilaian keterampilan siswa saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sedangkan solusi dari kendala dalam mengembangkan instrumen penilaian kecakapan kewarganegaraan yaitu: a) mengikuti berita yang terjadi di masyarakat serta kreatif dalam mengaitkan dengan materi; b) memberikan motivasi dan ajakan secara terus menerus kepada siswa; serta c) pengadaan workshop terkait peningkatan profesionalitas guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Kata Kunci: penilaian, kecakapan, kewarganegaraan, intelektual, partisipasi, psikomotor
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.