UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 24 TANJUNG BATU

Authors

  • Siti Aisyah SD N 24 Tanjung Batu

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada SDN 24 Tanjung Batu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Number Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 24 Tanjung Batu Kec. Tanjung Batu KabupTen Ogan Ilir.

Model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : kreativitas siswa yang diambil dari hasil pengisian instrumen yang dilakukan oleh observer sebagai kolaboratif penelitian pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : Adanya peningkatan hasil belajar

Pada siklus I indikator keberhasilan nilai siswa adalah ada 13 siswa yang telah mencapai KKM prosentase ketuntasan adalah 65,00 % cukup. Sedangkan pada Siklus II indikator keberhasilan nilai siswa adalah 17 yang telah mencapai KKM 70 prosentase ketuntasan adalah 85,00 %  kategori Sangat Tinggi. Berarti ketuntasan belajar telah melampaui 75%, indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai yaitu lebih  dari 75 % siswa Kelas V telah mencapai Kriteria  ketuntasan Minimal 70.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran number head together dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 24 Tanjung Batu.

 

Kata Kunci : NUMBER HEAD TOGETHER HASIL BELAJAR.

Published

2021-07-19

Issue

Section

Artikel