UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD NEGERI 10 TANJUNG BATU
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1411Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar PKn melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 10 Tanjung Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Tanjung Batu. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan pembagian tes tertulis terhadap siswa.
Pada siklus I indikator keberhasilan nilai siswa adalah ada 17 siswa yang telah mencapai KKM prosentase ketuntasan adalah 62,96 % cukup. Sedangkan pada Siklus II indikator keberhasilan nilai siswa adalah 24 yang telah mencapai KKM 70 prosentase ketuntasan adalah 88,88 % kategori Sangat Tinggi. Berarti ketuntasan belajar telah melampaui 75%, indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai yaitu lebih dari 75 % siswa Kelas IV telah mencapai Kriteria ketuntasan Minimal 70.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 10 Tanjung Batu.
Kata Kunci : PKn,hasil belajar, Pembelajaran STAD
Downloads
References
Arindawati. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapaanya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang
Mulyasa. 2009. Dasar Dasar Kependidikan. Bandung : Transito
Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
---------------------. 2010. Model Pembelajaran Kepala Bernomor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.