UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SD NEGERI 10 TANJUNG BATU

Authors

  • Sulastri Sulastri Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar PKn melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 10 Tanjung Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.  Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Tanjung Batu. Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan pembagian tes tertulis terhadap siswa.

Pada siklus I indikator keberhasilan nilai siswa adalah ada 17 siswa yang telah mencapai KKM prosentase ketuntasan adalah 62,96 % cukup. Sedangkan pada Siklus II indikator keberhasilan nilai siswa adalah 24 yang telah mencapai KKM 70 prosentase ketuntasan adalah 88,88 %  kategori Sangat Tinggi. Berarti ketuntasan belajar telah melampaui 75%, indikator keberhasilan pembelajaran telah tercapai yaitu lebih  dari 75 % siswa Kelas IV telah mencapai Kriteria  ketuntasan Minimal 70.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 10 Tanjung Batu.

 

Kata Kunci : PKn,hasil belajar, Pembelajaran STAD

References

Arindawati. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapaanya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang

Mulyasa. 2009. Dasar Dasar Kependidikan. Bandung : Transito

Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

---------------------. 2010. Model Pembelajaran Kepala Bernomor.

Published

2021-07-19

Issue

Section

Artikel