UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V.B SD NEGERI 06 PAYARAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL PENUGASAN

Authors

  • Sohib Sohib SDN 06 Payaraman

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1417

Abstract

Telah dilakukan penelitan tindakan kelas di kelas V.B SD Negeri 06 Payaraman, dengan tujuan peningkatan hasil belajar siswa PKn melalui model Pembelajaran Penugasan. Proses pembelajaran yang selama ini berlangsung untuk mata pelajaran PKn terjadi secara konvensional-tradisionil, hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran belum sesuai dengan yang diharapkan. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan tes terhadap siswa.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus, dengan setiap siklus diadakan selama tiga kali pertemuan. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Penugasan. Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi yang telah diisi oleh observer, dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus.

Siklus pertama didapat nilai ulangan harian rata-rata 69,35 % sedangkan pada siklus ke dua diperoleh nilai rata-rata ulangan 78,05 %. Telah terjadi peningkatan hasil nilai ulangan harian rata-rata sebesar 8,7 atau 50%.

Dapat disimpulakn bahwa hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan secara signifikan pada semua indikator setelah melalui model pembelajaran Penugasan dilaksanakan yang berujung pada peningkatan hasil belajar yang signifikan.

 

Kata kunci : Model Penugasan, Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah

References

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Psikologi Belajar. cet. Ke-3, Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sujana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Romaja

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Artikel