ANCAMAN BULLYING: Noktah Hitam Pendidikan Karakter

Authors

  • Yakob Godlif Malatuny Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Sentani

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v3i1.1424

Abstract

Tulisan ini bertolak dari kerisauan peneliti terhadap fenomena bullying yang terus terjadi dan meningkat setiap tahun sehingga menyita perhatian banyak pihak. Bullying menjadi bukti noktah hitam pendidikan karakter dalam beberapa dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencari solusi atas permasalahan ancaman bullying sebagai noktah hitam pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Sentani. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.  Hasil penelitian menemukan bahwa, (1) pendidikan karakter yang diterapkan belum memiliki daya tawar yang berharga bagi pembentukan karakter seluruh warga sekolah. (2) pengajaran pendidikan karakter di sekolah masih mengandalkan bentuk pengajaran nilai-nilai dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (3) pendekatan keteladan baik pola berpikir dan bertindak sesuai dengan nilai dan norma belum efektif dipraktikan oleh guru. (4) bullying sebagai tindakan agresif secara verbal, fisik, atau psikologis yang berulang setiap waktu dan berdampak negatif bagi korban. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah sekolah sebagai garda terdepan dalam menanamkan karakter baik kepada para pelajar mesti lebih efektif dan efisien dalam menginternalisasikan nilai, moral, dan sikap yang berkeadaban mulya kepada setiap generasi bangsa serta menerapkan berbagai model, pendekatan, dan program pendidikan karakter di sekolah secara berkesinambungan.

Kata Kunci: Bullying, Noktah Hitam, Pendidikan Karakter

References

Allport, G.W. (1948). Personality: A Psychlogical Interpretation. New York: Henry Holt and Company.

Anggraini, D. Amallia dan Ridha, Mursyid. (2021). The Relationship of School Discipline with Bullying Behavior At SMP N 26 Padang. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 8-14.

Annerbäck, E.-M, Sahlqvist, L, & Wingren, G. (2014). A cross-sectional study of victimisation of bullying among schoolchildren in Sweden: Background factors and self-reported health complaints. Scand. J. Public Health, 42, 270–277.

Arseneault, L. (2018). Annual research review: The persistent and pervasive impact of being bullied in childhood and adolescence: Implications for policy and practice. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 59(4), 405–421.

Bowes, L., Joinson, C., Wolke, D., & Lewis, G. (2015). Peer victimisation during adolescence and its impact on depression in early adulthood: Prospective cohort study in the United Kingdom. BMJ, 350: h2469.

Brown, V., Clery, E., & Ferguson, C. (2011). Estimating the prevalence of young people absent from school due to bullying. London: National Centre for Social Research.

Budimansyah, Dasim. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Centers for Disease Control and Prevention. (2014). Bullying surveillance among school-aged children: Uniform definitions and recommended data elements. Washington, DC: CDC.

Ersotelos, Nikolaos et all. (2021). Blockchain and IoMT against Physical Abuse: Bullying in Schools as a Case Study. Journal of Sensor and Actuator Netw, 10(1), 1–20.

Evans-Lacko, S., Takizawa, R., Brimblecombe, N., King, D., Knapp, M., Maughan, B., & Arseneault, L. (2017). Childhood bullying victimization is associated with use of mental health services over five decades: A longitudinal nationally representative cohort study. Psychological Medicine, 47(1), 127–135.

Farrington, D. P. (1993). Understanding and preventing bullying. Crime and Justice, 17, 381–458.

Fisher, H. L., Moffitt, T. E., Houts, R. M., Belsky, D.W., Arseneault, L., & Caspi, A. (2012). Bullying victimisation and risk of self harm in early adolescence: Longitudinal cohort study. BMJ, 344, e2683.

Hakam, A. Kama. (2011). Membina Kecerdasan dan Perilaku Sosial Dalam Membangun Karakter Anak, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Hasyim, Adelina. (2011). Gerakan Membangun Karakter Bangsa, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Koesoema, A. Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Komalasari, Kokom. (2011). Pendidikan Karakter di Persekolahan China, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.Bandung: Widya Aksara Press.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Malatuny, Y. G., & Rahmat, R. (2017). Pembelajaran Civic Education Dalam Mengembangkan Civic Disposition. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 56-68.

Malatuny, Yakob Godlif. (2020). Percikan Gagasan: Menelaah Problematika Kontemporer Kewarganegaraan. Yogyakarta: Deepublish.

Nafingah, A.A Bunga dan Suroso, Jebul. (2020). Pengaruh Behavior Skill Training Terhadap Interaksi Sosial Korban Bullying Di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 165-170.

Nakamoto, J., & Schwartz, D. (2010). Is peer victimization associated with academic achievement? A meta-analytic review. Social Development, 19(2), 221–242.

Olweus, D. (1992). Bullying among school children: Intervention and prevention. In R.D. Peters, R. J. McMahon, & V.L. Quinsey (Eds.), Aggression and violence throughout the lifespan. London: Sage.

Parrott III, L. (2000). Helping Your Struggling Teenager: A Parenting Handbook On Thirty-Six Common Problems. Grand Rapids: Zondervan Publishing House.

Philip, Simon. (2008). Refleksi Karakter Bangsa. Jakarta: Gramedia.

Prasetyo, E. Utomo. (2019). Internalization Of National Character Value In Social Studies To Build The Identity Of Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 1-12.

Rae, B. Scott. (2009). Moral Choices: An Introduction to Ethics. Grand Rapids, Michigan: Zondervan.

Roberts, H.S Luke. (2020). Bullying in Schools: A complexity approach to sustainable restorative approaches?. Dissertation. England: Faculty of Education University of Cambridge.

Sakdiyah, Fatimatus dkk. (2020). Resiliensi dan Kejadian Bullying pada Remaja SMP di Demak. Bima Nursing Journal, 1(2), 119-125.

Singham T, Viding E, Schoeler T, et al. (2017). Concurrent and longitudinal contribution of exposure to bullying in childhood to mental health. JAMA Psychiatry, 74:E1-E8.

Sofyan, Sauri. (2011). Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Stapinski, L. A., Bowes, L., Wolke, D., Pearson, R. M., Mahedy, L., Button, K. S., et al. (2014). Peer victimization during adolescence and risk for anxiety disorders in adulthood: A prospective cohort study. Depression and Anxiety, 31(7), 574–582.

Sucipto. (2012). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. Jurnal Psikopedagogia, 1(1), 1–12.

Sukandi. (2011). Pendidikan Karakter Bangsa Beideologi Pancasila, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Supardan, Dadang. (2003). Turbulensi dan Bahaya Kekeresan dalam Pendidikan, dalam Helius Sjamsuddin dan Andi Suwirta, Historia Magistra Vitae, Menyambut 70 tahun Prof. Dr. Hj. Rochiati Wiriaatmadja, MA. Bandung: Historia Press.

Supardan, Dadang. (2011). Mengintip Bahaya Kekerasan sebagai Ancaman Pendidikan Karakter Bangsa: Anatomi Perspektif Ilmu-ilmu Sosial. Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Suryadi, Ace. (2011). Pendidikan Karakter Bangsa: Pendekatan Jitu menuju Sukses Pembangunan Pendidikan Nasional. Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa, Penghargaan dan Penghormatan 70 tahun Prof. Dr. H. Endang Somantri, M.Ed. Bandung: Widya Aksara Press.

Ttofi, M. M., Farrington, D. P., Lösel, F., & Loeber, R. (2011a). Do the victims of school bullies tend to become depressed later in life? A systematic review andmeta-analysis of longitudinal studies. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, 3(2), 63–73.

Ttofi, M. M., Farrington, D. P., Lösel, F., & Loeber, R. (2011b). The predictive efficiency of school bullying versus later offending: A systematic/ meta-analytic review of longitudinal studies. Criminal Behaviour and Mental Health, 21(2), 80–89.

Ttofi, M. M., Farrington, D. P., Lösel, F., Crago, R. V., & Theodorakis, N. (2016). School bullying and drug use later in life: A meta-analytic investigation. School Psychology Quarterly, 31(1), 8–27.

Vieno, A., Gini, G., & Santinello, M. (2011). Different forms of bullying and their association to smoking and drinking behavior in Italian adolescents. Journal of School Health, 81(7), 393–399.

Published

2021-06-19

Issue

Section

Artikel