POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENDIDIK KARAKTER TANGGUNGJAWAB SOSIAL ANAK DI MASA PANDEMI

Authors

  • Meidawati Suswandari Univrsitas Veteran Bangun Nusantara
  • Lilis Suryani Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo
  • Jauhan Budiwan IAI Sunan Giri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2537

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pola asuh orangtua dalam mendidik karakter tanggungjawab sosial anak pada masa pandemi. Metode penelitian berupa studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan perpustakaan elektronik, seperti internet, dan google scholar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang bersifat tekstual yakni berupa pandangan dan pemikiran yang berada dalam bahan pustaka yang dimaksud. Obyek penelitian ini adalah pola asuh dan karakter tanggungjawab sosial. Subyek pada penelitian ini yaitu orangtua dan anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat  jenis bentuk pola asuh keluarga yaitu: pola asuh otoriter, permisif dan demokratis. Pola asuh orangtua yang saling seimbang dalam ketiga hal tersebut juga diterapkan dalam mendidik karakter tanggungjawab sosial pada anak di masa pandemi yaitu penyelesaian tugas rumah melalui pembiasaan merapikan tempat tidur, membuang sampah pada tempat yang disediakan, menjaga barang milik pribadi, merapikan mainan pada tempatnya semula dengan sendiri tanpa menunggu perintah orangtua memunculkan keakraban antar anggota keluarga.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063

Adawiyah, S. R. (2021). Pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak berdasarkan gender. Musawa, 13(2), 65–81.

Adnyani, S. (2018). Pengembangan Sikap Tanggung Jawab Sosial dalam Rangka Mengimplementasikan Wawasan Pengetahuan melalui Internalisasi Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15337

Asep Munajat, E. R. J. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 144–152.

Asmuni, A. (2020). Problems of Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period and Solutions to Solve it. Journal of Pedagogy, 7(4), 281–288.

Astrida. (2015). Peran dan fungsi orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak. Ilmiah Anak, 1–9. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/BANYUASIN/pfyl1341188835.pdf

Ayun, Q. (2015). Pola asuh orangtua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Thufula, 5(1), 103–122.

Daryono. (2017). Pedoman Menyusun Bibliografi. UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, 1–33. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16904

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fidiawati, L., & Fitriani. (2019). Gambaran Karakter Tanggung Jawab Anak Saat Pandemi Covid-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 2(2), 89–97.

Halimah, S. N. (2016). Alih Fungsi Lahan dan Transformasi Budaya Di Desa Banyuning. Tranformasi Budaya Pesisir Desa Perancak, 15(1), 6–10.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223

Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Idrus, A. (2012). Pola Asuh Orangtua dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 21(2), 145–151. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/3801

Ihkwan, A. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. In Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. https://doi.org/10.25077/9786026061324

Jannah, H. (2017). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angker. Jurnal Pesona PAUD, 1, 257–258.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Masrifatin, Y. (2015). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finasial Anak. Psikologi, 1(1), 85–98.

Mutiarani, W., & Rahmah, E. (2018). Strategi dan Teknik Penelusuran Informasi Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 370–377.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/101018

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.

Pasani, C.F Sridevi, dan S. (2014). Mengembangkan karakter tanggungjawab siswa melalui pembelajaran model kooperatif tipe numbered head together. Psikologi Bimbingan, 1(hal 140), 43. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Pratomo A.W, A. (2018). Penulisan karya tulis ilmiah. In Nizamia Learning Center (Vol. 1). www.nizamiacenter.com

Purwoko, B dan Mirzaqon, A. (2018). Studi kepustkaan mengenali landasan teori dan praktik konseling expressive writing. Jurnal Konseling, 10–23.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Ramadhan, M. F., Husen, A., & Raharjo. (2021). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 30.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiawan, H. . (2014). Pola pengasuhan keluarga dalam proses perkembangan anak. Jurnal Informasi, 19(200), 284–300.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Suharti. (2017). Pengembangan Koleksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 57, 55–72. http://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9101

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Sumandar, T. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Sutarini, Y. C. N., Priyoyuwono, P., & Armstrong, T. (2014). Penanaman nilai karakter tanggungjawab dan kerjasama terintegrasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 213–224.

Sutisna, I. (2012). Mengenal model pola asur Bau rind. BMC Public Health, 5(1), 1–8.

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063

Adawiyah, S. R. (2021). Pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak berdasarkan gender. Musawa, 13(2), 65–81.

Adnyani, S. (2018). Pengembangan Sikap Tanggung Jawab Sosial dalam Rangka Mengimplementasikan Wawasan Pengetahuan melalui Internalisasi Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15337

Asep Munajat, E. R. J. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 144–152.

Asmuni, A. (2020). Problems of Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period and Solutions to Solve it. Journal of Pedagogy, 7(4), 281–288.

Astrida. (2015). Peran dan fungsi orangtua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak. Ilmiah Anak, 1–9. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/BANYUASIN/pfyl1341188835.pdf

Ayun, Q. (2015). Pola asuh orangtua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Thufula, 5(1), 103–122.

Daryono. (2017). Pedoman Menyusun Bibliografi. UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu, 1–33. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16904

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fidiawati, L., & Fitriani. (2019). Gambaran Karakter Tanggung Jawab Anak Saat Pandemi Covid-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 2(2), 89–97.

Halimah, S. N. (2016). Alih Fungsi Lahan dan Transformasi Budaya Di Desa Banyuning. Tranformasi Budaya Pesisir Desa Perancak, 15(1), 6–10.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223

Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Idrus, A. (2012). Pola Asuh Orangtua dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 21(2), 145–151. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/3801

Ihkwan, A. (2016). Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. In Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. https://doi.org/10.25077/9786026061324

Jannah, H. (2017). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angker. Jurnal Pesona PAUD, 1, 257–258.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Masrifatin, Y. (2015). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finasial Anak. Psikologi, 1(1), 85–98.

Mutiarani, W., & Rahmah, E. (2018). Strategi dan Teknik Penelusuran Informasi Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 370–377. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/101018

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.

Pasani, C.F Sridevi, dan S. (2014). Mengembangkan karakter tanggungjawab siswa melalui pembelajaran model kooperatif tipe numbered head together. Psikologi Bimbingan, 1(hal 140), 43. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Pratomo A.W, A. (2018). Penulisan karya tulis ilmiah. In Nizamia Learning Center (Vol. 1). www.nizamiacenter.com

Purwoko, B dan Mirzaqon, A. (2018). Studi kepustkaan mengenali landasan teori dan praktik konseling expressive writing. Jurnal Konseling, 10–23.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Ramadhan, M. F., Husen, A., & Raharjo. (2021). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 30.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiawan, H. . (2014). Pola pengasuhan keluarga dalam proses perkembangan anak. Jurnal Informasi, 19(200), 284–300.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

Suharti. (2017). Pengembangan Koleksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 57, 55–72. http://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9101

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Sumandar, T. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Sutarini, Y. C. N., Priyoyuwono, P., & Armstrong, T. (2014). Penanaman nilai karakter tanggungjawab dan kerjasama terintegrasi dalam perkuliahan ilmu pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 213–224.

Sutisna, I. (2012). Mengenal model pola asur Bau rind. BMC Public Health, 5(1), 1–8.

Widyorini, E., Harjanta, G., Roswita, M. Y., Sumijati, S., Eriyani, P., Primastuti, E., Hapsari, L. W., & Agustina, E. (2014). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologi Anak, 1–100. http://repository.unika.ac.id/26427/1/2013G2_BukuABKpdf.pdf

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Artikel