INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI GENERASI Z DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2574

Abstract

Abstrak

Fenomena degradasi pemahaman Pancasila generasi Z perlu ditindak lanjuti untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dengan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. Penelitian bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi Z dalam mewujudkan good citizenship di Perguruan Tinggi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan menentukan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi serta menggunakan teknis analisis data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi Z dalam mewujudkan good citizenship di Perguruan Tinggi Islam dilakukan melalui Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan melalui proses belajar di kelas menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran yang interaktif dengan memberikan contoh sederhana tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dan membahas isu-isu aktual dapat mewujudkan good citizenship bagi generasi Z yang memiliki civic intelligence, civic responsibility dan participation skill.  

 

Kata kunci: internalisasi, Pancasila, generasi Z, good citizenship

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik(JISoP), 2(1), 11-18

Bambang Sumardjoko. 2013. Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Pkn Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal Varia Pendidikan, 25, 110-123

Branson, M.S. 1998. The role of civic education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University

Budimansyah, D dan Suryadi, K. (2010). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Budimansyah, D. 2012. Dimensi-dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung: Widya Aksara.

Creswell, J.W. 2015. Penelitian kualitatif & desain riset: memilih di antara lima pendekatan. (Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi). London: Sage Publication, Ltd. (Buku asli diterbitkan tahun 2013).

Erfiana, N. A. N. E., & Ariyanto, A. (2020). Restrukturisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Langkah Menghadapi Era Disrupsi. Al- Asasiyya: Journal of Basic Education, 5(1), 79-95

Erni Marlina. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja Di Perbatasan IndonesiaMalaysia (Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara). Jurnal Psikoborneo, 4, 849-856

Farida Sekti Pahlevi. 2016. Revitalisasi Pancasila Dalam Penegakan Hukum Yang Berkeadilan di Indonesia. Jurnal Justicia Islamica, 15, 1-15.

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nila-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,8(1), 52-59.

Irawan, Bambang, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa. 2014. Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pkn di Kelas VIII. Jurnal Kultur Demokrasi, 02, 1-15.

Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma

Maftuh dan Sapriya, 2005. Pembelajaran PKn melalui Pemetaan Konsep. Jurnal Civicus: Implementasi KBK Dalam Pendidikan Kewarganegaraan dalam Berbagai Konteks. 319-328.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, II (2), 134–143.

Sebastian, Yoris. 2016. Generasi Langgas Millenials Indonesia. Jakarta: Gagas Media.

Tilar, H. A. R., 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.A

Ubaidiah, A, dkk. 2000. Pendidikan kewarganegaraan (Civic Education), Demokrasi, HAM, & Masyarakat Madani. Jakarta: IAIN Jakarta Press

Wasiyem, dkk. 2021. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (Upaya Mewujudkan Good Citizenship). Medan: Merdeka Kreasi

Winaputra dan Budimansyah. 2007. Civis education. Konteks,Landasan Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Kewarganegaraan SPs UPI.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Artikel