INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI GENERASI Z DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP DI PERGURUAN TINGGI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2574Abstract
Abstrak
Fenomena degradasi pemahaman Pancasila generasi Z perlu ditindak lanjuti untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dengan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila. Penelitian bermaksud untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi Z dalam mewujudkan good citizenship di Perguruan Tinggi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan menentukan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi serta menggunakan teknis analisis data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi Z dalam mewujudkan good citizenship di Perguruan Tinggi Islam dilakukan melalui Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan melalui proses belajar di kelas menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran yang interaktif dengan memberikan contoh sederhana tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dan membahas isu-isu aktual dapat mewujudkan good citizenship bagi generasi Z yang memiliki civic intelligence, civic responsibility dan participation skill.
Kata kunci: internalisasi, Pancasila, generasi Z, good citizenship
Downloads
References
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik(JISoP), 2(1), 11-18
Bambang Sumardjoko. 2013. Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Pkn Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal Varia Pendidikan, 25, 110-123
Branson, M.S. 1998. The role of civic education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University
Budimansyah, D dan Suryadi, K. (2010). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Budimansyah, D. 2012. Dimensi-dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung: Widya Aksara.
Creswell, J.W. 2015. Penelitian kualitatif & desain riset: memilih di antara lima pendekatan. (Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi). London: Sage Publication, Ltd. (Buku asli diterbitkan tahun 2013).
Erfiana, N. A. N. E., & Ariyanto, A. (2020). Restrukturisasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Langkah Menghadapi Era Disrupsi. Al- Asasiyya: Journal of Basic Education, 5(1), 79-95
Erni Marlina. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja Di Perbatasan IndonesiaMalaysia (Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara). Jurnal Psikoborneo, 4, 849-856
Farida Sekti Pahlevi. 2016. Revitalisasi Pancasila Dalam Penegakan Hukum Yang Berkeadilan di Indonesia. Jurnal Justicia Islamica, 15, 1-15.
Hasanah, U. (2021). Implementasi Nila-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,8(1), 52-59.
Irawan, Bambang, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa. 2014. Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pkn di Kelas VIII. Jurnal Kultur Demokrasi, 02, 1-15.
Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma
Maftuh dan Sapriya, 2005. Pembelajaran PKn melalui Pemetaan Konsep. Jurnal Civicus: Implementasi KBK Dalam Pendidikan Kewarganegaraan dalam Berbagai Konteks. 319-328.
Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, II (2), 134–143.
Sebastian, Yoris. 2016. Generasi Langgas Millenials Indonesia. Jakarta: Gagas Media.
Tilar, H. A. R., 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.A
Ubaidiah, A, dkk. 2000. Pendidikan kewarganegaraan (Civic Education), Demokrasi, HAM, & Masyarakat Madani. Jakarta: IAIN Jakarta Press
Wasiyem, dkk. 2021. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (Upaya Mewujudkan Good Citizenship). Medan: Merdeka Kreasi
Winaputra dan Budimansyah. 2007. Civis education. Konteks,Landasan Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Kewarganegaraan SPs UPI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.