Penguatan Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2595Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai pancasila melalui kegiatan ektrakulikuler pramuka bagi mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk menutup kemungkinan jika terdapat kekurangan data dari salah satu sumber sedangkan analisis menggunkan analisis menggunakan teknik anlisa interaktif. Hasil penelitian dalam penelitian ini ialah upaya dalam mewujudkan Pancasila sebagai sumber nilai adalah dengan menjadikan nilai dasar pancasila sebagai pembentukan norma etik dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya kegiatan ektrakulikuler pramuka sangat relevan sebagai wadah penguatan nilai pancasila. Penguatan pancasila melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka akan menjadikan mahasiswa lebih religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kratif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cintah tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan mempunyai sikap rasa tanggung jawab yang tinggi.Downloads
References
Kaelan, dan Achmad, Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegraan.
Yogykarta: Paradigma.
Kaelan, 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Sanjaya. Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soegito A.T.2003. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKU Universitas Negeri Semarang
Sopiandy. Aljurida. 2016. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Woro. Marzuki.2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Windusari Magelang.
Yaya Suryana:2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.
Undang-Undang Dasar pasal 29 Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. Tentang Gerakan Pramuka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Organisasi Pramuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.