Penguatan Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan

Authors

  • Dahlan Sitohang Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sulastri Badu
  • Fidiayanti Leki
  • Miranda Bako

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2595

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai pancasila melalui kegiatan ektrakulikuler pramuka bagi mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk menutup kemungkinan jika terdapat kekurangan data dari salah satu sumber sedangkan analisis menggunkan analisis menggunakan teknik anlisa interaktif. Hasil penelitian dalam penelitian ini ialah upaya dalam mewujudkan Pancasila sebagai sumber nilai adalah dengan menjadikan nilai dasar pancasila sebagai pembentukan norma etik dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya kegiatan ektrakulikuler pramuka sangat relevan sebagai wadah penguatan nilai pancasila. Penguatan pancasila melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka akan menjadikan mahasiswa lebih religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kratif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cintah tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan mempunyai sikap rasa tanggung jawab yang tinggi.

References

Kaelan, dan Achmad, Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegraan.

Yogykarta: Paradigma.

Kaelan, 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Sanjaya. Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soegito A.T.2003. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKU Universitas Negeri Semarang

Sopiandy. Aljurida. 2016. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Woro. Marzuki.2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Windusari Magelang.

Yaya Suryana:2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Undang-Undang Dasar pasal 29 Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. Tentang Gerakan Pramuka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Organisasi Pramuka.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Artikel