Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa sekolah Dasar di Desa Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Setelah Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2022

Authors

  • Annisah Rahmawati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Maria Helena Sri Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Petrus Andi Ciptandriyo Universitas Veteran Bangun Nusantara sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v4i2.3194

Abstract

Tujuan dari penelitian ini:1. Mendiskripsikan upaya yang dilakukan orang tua meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SD setelah pandemi covid 19. 2. Mendiskripsikan langkah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Sekolah Dasar setelah pendemi dan pembelajaran daring usai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua di Desa Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten yang memiliki anak yang bersekolah di jenjang Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi di Desa Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Analisis data menggunakan analisis dengan 3 langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas yang dipakai menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi tehnik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Upaya yang dilakukan oleh orang tua di Desa Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten agar hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Sekolah Dasar meningkat setelah pandemi dengan adalah dengan melakukan pendampingan saat siswa sedang belajar. Langkah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Sekolah Dasar setelah pendemi dan pembelajaran daring usai sebagai berikut orang tua selalu menanyakan apa yang dibutuhkan oleh anak, menyiapkan sarapan/bekal yang disukai anak, melakukan bimbingan, memberikan kata-kata motivasi dan pujian pada anak, dan memberi perhatian pada pekerjaan rumah anak.  Kata Kunci: Covid 19,  Hasil Belajar PPKn, Masa Pendemi 

References

Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Asep Jiad Dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multipressindo.

Baswan. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Susunan Pemerintahan Daerah Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas VI SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(3).

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi. Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemenkes. (2022). Bagaimana Cara Mencegah Penularan Virus Corona https://infeksiemerging.kemkes.go.id/uncategorized/bagaimana-cara-mencegah-penularan-virus-corona. Diakses pada Rabu, 06 Juli 2022.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pusat Analisis Determinan Kesehatan. (2020). Hindari Lansia Dari COVID19. www.padk.kemkes.go.id. Diakses pada Rabu, 06 Juli 2022.

Rahayu, Sri. (2013). Pengantar Ilmu Sosial. Salatiga: Widya Sari Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarno. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-01-20

Issue

Section

Artikel