PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG PERGERAKAN NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE BAMBOO DANCING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI KANDANGSAPI 2 KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN

Authors

  • Agus Prayitno
  • Maria Helena Sri Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yohannes Sugiyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional dengan mengunakan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian adalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 02 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Sejumlah 14 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 4 perempuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Kooperatif Bamboo Dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPS. Pada kondisi awal siswa pasif dan cpat bosan pada tindakan 1 dan tindakan 2 siswa menjadi aktif dan tidak bosan. Hasil belajar IPS siswa pada kondisi awal banyak yang skorenya dibawah KKM setelah diberikan tindak 1 dan 2 berybah secara signifikan. Pertama: Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing dapat  Meningkatkan Aktifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.  Kedua : Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing dapat  Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Materi Pergerakan Nasional pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Kandangsapi 2 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya : Penerbit InsanCendekia

Andriani, Durri dkk. 2012. Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anitah,Sri. 2009. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djaali. 2008. Pengukuran dalm Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo

Dimyati,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hernawan, AsepDkk. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Kerlinger, Fred N. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Purwanto, M Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan : dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo,Dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono,Agus. 2009. Cooperative learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:PT BumiAksara.

Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahab, Abdul Dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhana, Datta. 1997. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wardhani,I.G.A.K dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.

Published

2019-09-03

Issue

Section

Artikel