PERANAN MATA PELAJARAN PPKn DALAM RANGKA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SDN 3 WURYOREJO

Authors

  • Hari Wahyu Nugroho
  • Suyahman Suyahman
  • Meidawati Suswandari

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrPPKnikan Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 15 peserta didik. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 2 minggu, mulai pada tanggal 02 Februari 2018 s.d tanggal 16 Februari 2018. Metode pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis mengalir yang terdiri dari tiga langkah: reduksi data, display data dan Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan melalui matapelajaran PPKn di SD berdasarkan kurikulum 2013 ada beberapa materi yang dapat digunakan untuk membentuk karakter religius yaitu toleransi beragama, ketaatan pada pencipta alam semesta, sedangkan dalam proses pembelajaran PPKn dapat dibentuk juga nilai karakter religius dengan cara: berdoa pada saaat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, mengajaksiswa mendoakan temannya yang sakit, mengajak siswa tenang dan khidmat mendengarkan suara adzan, serta mengajak siswa mendoakan saudara-saudara Guru yang kena musibah bencana alam. Simpulannya metapelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 berperanan dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Religius

References

Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Univet Bantara Press.

Kotaiah. 2014. Role of The Teacher in Development of Moral Values in School Children.International Journal of English Language, Liiterature and Translation Studies. Vol.1 No.3/2014

Moleong, Lexy Y. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rufaida, Siska Difki. 2013. Pengembangan Sikap religius Siswa Menggunkan Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran PPKN Kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. SkrPPKni tidak diterbitkan.Yogyakarta: UNY.

Rugiyah dan Antiek Sismiati. 2011. Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjiwana, Pande Putu Cahya Mega, Kt. Pudjawan, dan I Gd. Margunayasa. 2015. Analisis Sikap religius Siswa pada Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3 No.1/2015.

Sapriya. 2009. Pendidikan PPKN. Bandung: Rosdakaryaress.

Sujarwo. 2014. Pembentukan Sikap religius Siswa dalam Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Lentera STKIP-PGRI Bandar Lampung Vol.1/2014.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Oding. 2012. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: laks Bang Pressindo.

Suswandari. Meidawati. 2016. Sosiologi Pendidikan. Semarang: PT UPGRI.

Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.

Suyahman, 2009. Profesi kependidikan. Sukoharjo: Usaha mandiri.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wawan A, dan Dewi M. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/bentuk-bentuk-sikap-sosial.(DiaksesMaret 2011).

http://gurupembaharu.com/home/wpcontent/uploads/downloads/2011/11/panduan-penerapan-pendidikan-karakter-bangsa.

Published

2019-09-03

Issue

Section

Artikel