PERANAN MATA PELAJARAN PPKn DALAM RANGKA MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SDN 3 WURYOREJO
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrPPKnikan Peranan Mata Pelajaran PPKn Dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 15 peserta didik. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama 2 minggu, mulai pada tanggal 02 Februari 2018 s.d tanggal 16 Februari 2018. Metode pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis mengalir yang terdiri dari tiga langkah: reduksi data, display data dan Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan melalui matapelajaran PPKn di SD berdasarkan kurikulum 2013 ada beberapa materi yang dapat digunakan untuk membentuk karakter religius yaitu toleransi beragama, ketaatan pada pencipta alam semesta, sedangkan dalam proses pembelajaran PPKn dapat dibentuk juga nilai karakter religius dengan cara: berdoa pada saaat mengawali dan mengakhiri pembelajaran, mengajaksiswa mendoakan temannya yang sakit, mengajak siswa tenang dan khidmat mendengarkan suara adzan, serta mengajak siswa mendoakan saudara-saudara Guru yang kena musibah bencana alam. Simpulannya metapelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 3 Wuryorejo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018 berperanan dalam Menumbuhkan Nilai Karakter ReligiusDownloads
References
Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Univet Bantara Press.
Kotaiah. 2014. Role of The Teacher in Development of Moral Values in School Children.International Journal of English Language, Liiterature and Translation Studies. Vol.1 No.3/2014
Moleong, Lexy Y. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rufaida, Siska Difki. 2013. Pengembangan Sikap religius Siswa Menggunkan Pendekatan PAKEM pada Pembelajaran PPKN Kelas VB SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. SkrPPKni tidak diterbitkan.Yogyakarta: UNY.
Rugiyah dan Antiek Sismiati. 2011. Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sanjiwana, Pande Putu Cahya Mega, Kt. Pudjawan, dan I Gd. Margunayasa. 2015. Analisis Sikap religius Siswa pada Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. Ejournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3 No.1/2015.
Sapriya. 2009. Pendidikan PPKN. Bandung: Rosdakaryaress.
Sujarwo. 2014. Pembentukan Sikap religius Siswa dalam Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Lentera STKIP-PGRI Bandar Lampung Vol.1/2014.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Oding. 2012. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: laks Bang Pressindo.
Suswandari. Meidawati. 2016. Sosiologi Pendidikan. Semarang: PT UPGRI.
Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.
Suyahman, 2009. Profesi kependidikan. Sukoharjo: Usaha mandiri.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wawan A, dan Dewi M. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
http://aniendriani.blogspot.com/2011/03/bentuk-bentuk-sikap-sosial.(DiaksesMaret 2011).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.