UPAYA BELA NEGARA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.357Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya Bela Negara melalui kegiatan kepramukaan bagi mahasiswa programstudi PPKn Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah dosen dan Mahasiswa Program Studi PPKn semester 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan objeknya adalah Bela Negara dan kegiatan kepramukaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan mtode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan dari tanggal 12-24 Juni 2019 ditemukan hal-hal sebagai berikut: mahasiswa dalam praktek upacara pembukaan dan penutupan siaga dan penggalang kurang serius memberikan penghormatan pada bendera merah putih, masih banyaknya mahasiswa yang kurang mmahami pahlawab pjuang bangsa dan pahlawan revolusi, masih banyaknya mahasiswa yang tidak hapal teks proklamasi ekmerdekaan, teks pancasila, dan teks sumpah pemuda, masih banyaknya mahasiswa yang tidak hafal menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu-lagu nasional lainnya, mahasiswa kurang pduli adalanya temannya yang konflik, mahasiswa melakukan pembiaran temannya yang mentontek dan memplagiasi makalah milik temannya. Pengamatan dilapangan pada saat dosen melaksanakan praktek lapangan kepramukaan: sarana dan prasarana kurang memadai, waktu untuk praktek relative sedikit, dosen kurang adil dalam membagi petugas upacara. Hasil wawancara dengan dosen diperoleh informasi: mahasiswa kirang memahami esensi substansi kegiatan kepramukaan bagi mahasiswa, mahasiswa dalam praktek kurang disiplin, mahasiswa dalam praktek kurang memiliki alat-alat praktek, mahasiswa kurang memahami para pahlawan bangsa dan sepak perjuangannya serta sarana dan prasarana praktek kurang memadai, mahasiswa lebih menguasai lagu lagu yang trend bagi dirinya. Hasil wawancara dengan mahasiswa program studi PPKn semester 2 diperoleh informasi: dosen kurang adil dalam membagi tugas petugas praktek upacara, waktu untuk praktek sangat singkat, tempat untuk praktek kurang mendukung, sarana dan prasarana yang digunakan untuk praktek kurang memadai.Downloads
References
Suyahman dan Suprapti, Hariyani. 2011. Himpunan Materi Keterampilan Kepramukaan Calon Pembina. Surakarta: Universitas MuhammadiyahSurakarta.
UU Republik Indonesia Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS.
UU Republik Indonesia Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
Suyahman, 2017. Ketahanan Nasional dalam Tantangan Global Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045. Surakarta : Univet Sukoharjo.
Abdullah Ali. 2007. Metodelogi Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. Cirebon : STAIN Press.
Asmadi Alsa. 2003. Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, serta kombinasinya dalam penelitian psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Basrowi Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, perspektif mikro. Surabaya : Insane Cendikia.
Hans J. Morgenthau, 1990, Politik Antar Bangsa, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Jurnal: Dr. H. Sugiharto, SE,. MBA. 2012. Menyongsong Indonesia Emas 2045 Lexy j. Moleong. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Peraturan Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional, nomor 1 tahun 2015, Tentang Rencana Strategis Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional Tahun 2015-2019.
Rahayu, Minto. 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Perjuangan Menghidupi Jati Diri Bangsa. Depok: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Subagyo, Agus. 2015. Bela Negara. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyono, Yudi. 2009. Bela Negara. Klaten: Cempaka Putih.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.