IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BHINEKA TUNGGAL IKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SURAKARTA PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.359Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, berbagai macam hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model alir melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa untuk membayar pajak, memiliki sikap toleransi dan tidak membeda-bedakan antar umat beragama. Hambatan yang dialami yaitu berasal dari siswa yang kurang paham pada nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, selain itu hambatan juga berasal dari kurangnya kesadaran guru, staff/karyawan dalam menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa di SMP Negeri 1 Surakarta. Solusi yang diberikan pihak sekolah selalu berupaya menambah pemahaman mengenai nialai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, dan proses implementasi nilai- nilai Bhineka Tunggal Ika dapat tercapai, solusi selanjutnya yaitu membiasakan siswa melakukan indikator-indokator nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Pihak sekolah dan guru berkoordinasi dengan staff/karyawan agar menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar mereka terbiasa dengan pemahaman nilai-nilai tersebut, sehingga proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika kepada siswa dapat tercapai secara maksimal.Downloads
References
Alexander, Dzhurinskiy. 2014. “School Policy in Russia and The Challenges of A Multicultural Society”. Social and Behavioral Sciences 186 ( 2015 ) 811 – 814. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.181
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kendana Pemuda Media Group.
Dempsey, Keith, Ching, Jerrica. 2016. “Cultural Competence Implication for Counselors in Training”. Canada: Redfame Publishing
Harsono, Hanafi. 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung : Puataka Buana.
Ihsan, Fuad. 2020. Dasar-Dasar Kependidikan: Komponen MKD. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Janah, Hanif Nur. 2015. “Penanaman Nilai-Nilai Sila Kemanusiaan yang Adil Dan Beradab dalam Kegiatan Berorganisasi di Sekolah (Studi Kasus pada Anggota Kegiatan Ekstrakurikuler di Sma Negeri 1 Sine Kabupaten Ngawi Tahun 2015”. Skripsi S-1. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.
Kuswanto. 2011. “Observasi (Pengamatan Langsung di Lapangan) (http://klik-belajar.com/-umum/observasi-pengamatan-langsung-dilapangan/). Diakses pada hari Senin tanggal 20 Maret 2017 Pukul 13.55 WIB.
Maryadi, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: Badan Penerbit FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Miles, Mathew B. dan Michael A. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remadja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.