PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SENDANGSARI KECAMATAN BATUWARNO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Aji Widya Putra
  • Suyahman Suyahman
  • Tri Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari dan mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menghambat tata tertib sekolah untuk membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari dan objek penelitian ini adalah peranan tata tertib sekolah dan perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah Peranan tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari sudah cukup baik. Kepala sekolah dan guru kelas telah dapat membiasakan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah guna membentuk perilaku disiplin. Faktor yang menghambat tata tertib sekolah dalam membentuk perilaku kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari adalah 1. faktor lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua, 2. faktor lingkungan sekolah berupa ajakan teman yang melanggar dan kesibukan guru, dan 3. faktor lingkungan masyarakat berupa pergaulan dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan aturan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah melalui tata tertib sekolah dapat membentuk perilaku kedisiplinan siswa. Pembentukan perilaku disiplin siswa di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berutu, Elfi yati, dkk. 2018. Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri Gue Gajah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 2, 76-81. http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=42523.[diakses pada 27-05-2019]

Dirman dan cicik juarsih. 2014. Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadianti, leli siti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis Di Sdn Sukakarya Ii Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 02; No. 01; 1-8.https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/11.[diakses pada 27-05-2019]

Harnita, Sri. (2017). Hubungan Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Dengan Perilaku Peserta Didik Di Sma Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung. FKIP Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/27075/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. [diakses pada 28-03-2019]

Hidayatullah, furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kata Pena.

Nurhasanah, N., & Nida, Q. (2016). Character Building of Students By Guidance and Counseling Teachers Through Guidance and Counseling Services. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3085.4160 [diakses pada 29-03-2019]

Published

2019-06-30

Issue

Section

Artikel