PERANAN TATA TERTIB UNIVERSITAS DALAM MENANAMKAN PERILAKU DISIPLIN MAHASISWA

Authors

  • Anugrance Citra R.S Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azmil Mufarohah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deira Angelina Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v5i1.3804

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mencetak generasi muda yang cerdas. Setiap universitas memiliki visi dan misi agar peserta didik dapat berpartisipasi dalam mewujudkannya dengan cara mematuhi tata tertib yang telah ditentukan. Masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa yaitu kedisiplinan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan nilai-nilai pancasila dengan peranan tata tertib yang telah dibuat oleh dewan senat akademik dan mengetahui adanya permasalahan terkait sikap disiplin mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Didapatkan data hasil wawancara dosen terkait permasalahan yang terjadi pada mahasiswa dalam mematuhi tata tertib di lingkungan kampus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah memahami peraturan tersebut karena adanya kesepakatan yang telah disetuji bersama. Sehingga, apabila ada yang melanggar akan diberikan sanksi. Sebagai alat untuk mengetahui tingkat permasalahan mahasiswa dalam melaksanakaan tata tertib digunakan penyebaran kuesioner yang diisi oleh 41 mahasiswa didapatkan hasil bahwa mahasiswa telah memahami peraturan yang sudah ditetapkan sebesar 90,2%, mahasiswa pernah melakukan pelanggaran sebesar 70,7%, dan poin pelanggaran tertinggi ialah keterlambatan sebesar 61%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anugrance Citra R.S, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Kimia

References

Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 2581–0413.

Agus, I., Sudaryati, S., Anis, K., & Hartati, S. (2019). Pembentukan Karakter Kedisiplinan Mahasiswa dengan Manajemen Kelas. Yogyakarta: UPN “Veteran.”

Amarini, I. (2017). Evaluasi Aktualisasi Pancasila Melalui Harmonisasi Hukum. Kosmik Hukum : Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 17(2). https://saripedia.wordpress.com/2011/06/01/pidato-lengkap-bj-habibie-yang-

Andora, H. (2016). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, 45(2), 107–114. http://journal.umy.ac.id,Vol.

Firdausi, Y. N., & Asikin, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). Journal Unnes : PRISMA, 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Firmansyah, Y., Susanto, E., Mona Adha, M., (2020). Pengelolaan kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 5(1).

Flora, H. S. (2019). Etika Dan Tata Tertib Disiplin Mahasiswa. Law Pro Justitia, 4(2).

Handayani, N. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative Research Methods. SAGE Publications Asia-Pacific Pte Ltd.

Lutfiansyah, M. (2018). Pengaruh Keberadaan Tata Tertib Fakultas terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Doctoral Dissertation: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).

Masada, C. H., & Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa Dan Mahasiswa Menyontek. Jurnal Sosio-Eko: Universitas Indraprasta PGRI, 8(3), 227–233.

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Edition 3rd. SAGE Publications, Inc.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Journal UNESA : Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 343–357.

Putra, R. A. W., Suyahman, & Sutrisno, Tri. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Sciense Journal (CESSJ), 1. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/CESSJ

Rianto, H., & Yuliananingsih. (2017). Pemahaman Tentang Aturan Tata Tertib Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2).

Sianturi, Yohana. R. U., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).

Syahputra, H., Zulfa, I., Qusyairi, I., Putih, G., Simpang, J. J., & Bebangka, K.-L. B.-

B. (2021). Analisis Kinerja Sistem Kamera Pemantau Menggunakan Sensor Gerak Dan Bot Telegram Berbasis Iot (Internet Of Thing) (Study Kasus : Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang). Jurnal Ilmiah Elektronika Dan Komputer, 14(1), 152–160.

http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkom■page152

Wardhani, M. W. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta Factors Causing Low Discipline Of Students At Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 1, 877.

Yuniastuti, R. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Melalui Pengamalan Nilai Pancasila Siswa Kelas Atas di SD Negeri Galeh 3. Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusuf, M. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. Kencana.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel