PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA FENOMENA PERUNDUNGAN KELAS X SMA VETERAN 1 SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v5i1.3905Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo, terkait dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan di sekolah untuk mendukung pengimplementasian dari adanya kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif melalui observasi langsung terhadap subjek dan objek yang ada di SMA Veteran 1 Sukoharjo. selain itu juga didukung dengan adanya dokumentasi terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah SMA Veteran 1 Sukoharjo mengambil tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dan mengambil topik mengenai Fenomena Perundungan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari, dengan setiap harinya siswa diberikan projek untuk dikerjakan siswa baik secara individu maupun berkelompok. Dalam projek tersebut siswa tidak hanya mempelajari mengenai pengetahuan saja, namun juga melibatkan ketrampilan dan fisik yang direalisasikan melalui kegiatan pameran poster bertemakan Perundungan, kemudian juga senam pelajar pancasila dan bermain games untuk melatih kekompakan para siswa.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila, Perundungan
Downloads
References
A. Ariesto. (2009). Pelaksanaan Program Anti-Bullying Teacher Empowerment Program di Sekolah. Univ. Indonesia.
Afriyeni, N. (2017). Perundungan maya (Cyber Bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25-39.
Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67-76.
Rastati, R. (2016). Bentuk perundungan siber di media sosial dan pencegahannya bagi korban dan pelaku. Bandung Institute of Technology.
Bastomi, H., & Hidayah, S. N. M. (2019). Fenomena Perundungan Di Sosial Media: Telaah Dampak Perundungan Bagi Remaja. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 235.
Fadillah, A. N. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Aksi Perundungan. Jurnal Belo, 5(1), 86-100.
Sandra Desi Caesaria. (2022). Sekolah Tatap Muka Dimulai, Ini Daftar Aturan Lengkap 2022. Diakses pada 30 Oktober 2022 pukul 21:35, Link web: https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/03/105145271/sekolah-tatap-muka-dimulai-ini-daftar-aturan-lengkap-2022?page=all.
Setiawan, H. H. (2018). Peran Pekerja Sosial di Sekolah dalam Menangani Perundungan. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 4(1).
Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93-101.
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317
Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.