PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA FENOMENA PERUNDUNGAN KELAS X SMA VETERAN 1 SUKOHARJO

Authors

  • Windrati Windrati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sulastri Badu
  • Amin Prasetyo
  • Toni Harsan

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v5i1.3905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo, terkait dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan di sekolah untuk mendukung pengimplementasian dari adanya kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif melalui observasi langsung terhadap subjek dan objek yang ada di SMA Veteran 1 Sukoharjo. selain itu juga didukung dengan adanya dokumentasi terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah SMA Veteran 1 Sukoharjo mengambil tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dan mengambil topik mengenai Fenomena Perundungan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari, dengan setiap harinya siswa diberikan projek untuk dikerjakan siswa baik secara individu maupun berkelompok. Dalam projek tersebut siswa tidak hanya mempelajari mengenai pengetahuan saja, namun juga melibatkan ketrampilan dan fisik yang direalisasikan melalui kegiatan pameran poster bertemakan Perundungan, kemudian juga senam pelajar pancasila dan bermain games untuk melatih kekompakan para siswa.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila, Perundungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ariesto. (2009). Pelaksanaan Program Anti-Bullying Teacher Empowerment Program di Sekolah. Univ. Indonesia.

Afriyeni, N. (2017). Perundungan maya (Cyber Bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25-39.

Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi Pelaku Perundungan (Bullying): Studi Fenomenologi Pada Pelaku Perundungan di Sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67-76.

Rastati, R. (2016). Bentuk perundungan siber di media sosial dan pencegahannya bagi korban dan pelaku. Bandung Institute of Technology.

Bastomi, H., & Hidayah, S. N. M. (2019). Fenomena Perundungan Di Sosial Media: Telaah Dampak Perundungan Bagi Remaja. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 235.

Fadillah, A. N. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Aksi Perundungan. Jurnal Belo, 5(1), 86-100.

Sandra Desi Caesaria. (2022). Sekolah Tatap Muka Dimulai, Ini Daftar Aturan Lengkap 2022. Diakses pada 30 Oktober 2022 pukul 21:35, Link web: https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/03/105145271/sekolah-tatap-muka-dimulai-ini-daftar-aturan-lengkap-2022?page=all.

Setiawan, H. H. (2018). Peran Pekerja Sosial di Sekolah dalam Menangani Perundungan. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 4(1).

Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93-101.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel