Peranan Guru PPKn dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme dan Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Candra Prasetyo Wibowo Mahasiswa
  • Suyahman Univet Bantara Sukoharjo
  • Titik Srilestari

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.4971

Abstract

Nasionalisme merupakan nilai luhur Pancasila yang perlu dimiliki peserta didik sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dan mampu memberikan kontribusi bagi negara sehingga dapat terwujud karakter peserta didik yang dapat berdaya saing dan tangguh di tengah era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menumbuhkan sikap nasionalisme dan pembentukan karakter peserta didik di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Guru PPKn di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo memiliki peran yang sangat besar dalam menumbuhkan sikap nasionalisme dan pembentukan karakter peserta didik yang diterapkan melalui mata pelajaran PPKn, 2) Melalui Pembinaan Guru PPKn, Kegiatan OSIS dapat langsung diterapkan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme yang dapat diimplementasikan dan membentuk karakter peserta didik sesuai nilai luhur Pancasila, 3) Dalam menumbuhkan sikap nasionalisme tidak hanya menjadi tugas dari Guru PPKn namun menjadi tugas semua guru dan terlebih orang tua murid, 4) Guru PPKn di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo memiliki kualitas dan prefosionalisme yang tinggi dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai guru di sekolah sehingga dapat dijadikan teladan oleh peserta didik dalam pembentukan karakter.

Referensi
Abdullah, Jainudin. Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMP Negeri 1 Babang Kec. Bacan Timur. Edukasi Jurnal Pendidikan Vol.13 No.2, 2015, hal 462-466.


Abdullah, Taufik. (2007). Harian Kompas 18 Agustus 2007, hal 33.


Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Faturochman, Anggraeni Kusumawardani. (2004). Nasionalisme dalam Jurnal Buletin Psikologi. Tahun XII No. 2 Desember. ISSN 0854-7108.


Hadi Wiyono. (2012). Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Civics. Vol. II No. 2 Juli


Joesoef, Daoud. Esensi Pendidikan .Harian Kompas 3 September, 2008.


Kartika, I. Made. (2016). Peranan Guru PPKN dalam Mengembangkan Karakter Dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP: Universitas Dwijendra. ISSN No. 2085-
0018. Maret Hal 16-29.


Maksum, Hafidh dan Affan, Hussin. (2016). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia dalam Menangkal Budaya Asing di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, PGSD, 3 (4), pp 65-72.


Mulyasa, E. (2014). Manajamen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.


Soedjatmoko. (1991). Nasionalisme Sebagai Prospek Belajar dalam Majalah Prisma.


Smith, Antony, D. (2012). Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah. Jakarta: Erlangga.


Undang-Undang N0. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Yatim, B. (2001). Soekarno, Islam dan Nasionalisme. Bandung: Nuansa.

 

 

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Artikel