Pengaruh Komunikasi dan Interaksi antar Budaya terhadap Kesadaran Toleransi Siswa di SMA Negeri 5 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v6i2.5291Abstract
Kesadaran toleransi menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan asas Bhineka Tunggal Ika. Upaya yang dilakukan dengan melakukan komunikasi dan interaksi antar budaya untuk menciptakan akulturasi budaya tanpa menghilangkan esensi budaya lama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh komunikasi dan interaksi antar budaya (X) terhadap kesadaran toleransi siswa (Y). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2024 di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 172 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Spesifikasi persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, dan linieritas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diketahui nilai Sig. Pengaruh X terhadap Y sebesar 0,000 > 0,05 dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel X terhadap Y. Selain itu, berdasarkan analisis koefisien determinasi (R Square) menunjukkan persentase pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 67,9% sedangkan sisaya 32, 1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi komunikasi dan interaksi antar budaya yang dilakukan oleh siswa maka akan membawa pengaruh positif pada tingginya kesadaran toleransi dalam diri siswa di SMA Negeri 5 Yogyakarta.
Referensi
Adhiprima, R. S. P. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Devi, D. A. (2009). Toleransi Beragama. CV Pamularsih.
Dianto, C. (2019). Hambatan Komunikasi Antar Budaya: (Menarik Diri, Prasangka Sosial dan Etnosentrisme). Hikmah, 13(2), 185–204.
Haryanto, R., & Kurnia, H. (2023). HOS Tjokroaminoto’s Islamic Education Concept And its Relevance to Character Education. Jurnal Penelitian Keislaman, 19(1), 59–76.
Ihsan, D. (2021). Kumpulan Kasus Intoleransi di Sekolah. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/26/184625771/kumpulan-kasus-intoleransi-di-sekolah Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 31 Ayat 1 dan 2 tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia.
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka#
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.
Majumdar, S. (2020). Government Restrictions on Religion Around the World Reached New Record in 2018. pewresearch.org. h
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. CV Nusamedia.
Purwadarminta, W. J. S. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. CV. Cipta Media Nusantara.
Rasmani, dkk. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168.
Sadikin, R. A., & Bhayangkara, C. S. (2019). Salib Dipotong hingga Tolak Sedekah Laut, 4 Kasus Intoleransi di Yogyakarta. Suara. Com.
Septiana, A. T., Azmi, A., Kharimah, M. N., & Syamsuri, N. N. (2020). Urgensi Nilai dan Moral Sebagai Subteori dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Education and Learning of Elementary School, 1(01), 37–43.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahidah Suryani. (2013). Komunikasi Antarbudaya yang Efektif”. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1) Juni 2013, 91-100.
Whardani, R. A. S. (2019). Studi Tentang Kesadaran Melakukan Pelaporan Kerja terhadap Kecelakaan K3. Universitas Indonesia Library, 8–10.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifqi Haryanto, Heri Kurnia, Paryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.