Inovasi dalam Bidang Kurikulum: Program MBKM Pada Mahasiswa PGMI di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Authors

  • Sekar Harum universitas muhammadiyah sumatera barat
  • Syafruddin Nurdin
  • Muhammad Kosim
  • Guesa Maiwinda

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.5348

Abstract

Salah satu perubahan kurikulum perguruan tinggi yang penting adalah peralihan ke konsep "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" (MBKM), yang merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan, terutama di pendidikan tinggi. kebijakan kampus merdeka, perlu dioptimalkan, agar civitas akademika, khususnya dosen dan mahasiswa, mampu memasifkan publikasi ilmiahnya. Sehingga mengarah pada daya inovasi nasional, yang sampai saat ini, masih dikategorikan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efek dari MBKM terhadap kelulusan mahasiswa yang lulus programnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bercorak kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.

Downloads

Published

2024-04-06

Issue

Section

Artikel