Penanaman Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Tausyiah Ramadhan

Authors

  • Izzi Fekrat Fekrat UIN Imam Bonjol padang
  • Syafruddin Nurdin
  • Muhammad Kosim

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.5383

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penanaman nilai-nilai karakter Islam melalui kegiatan Tausyiah Ramadan, sebuah pendidikan Islam non-formal yang dilakukan di tiga masjid di Kota Padang. Ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 yang mengakui pentingnya pendidikan Islam di luar formal untuk membentuk karakter yang kuat dalam masyarakat Muslim. Bulan Ramadan dipilih karena kondusifitasnya dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui kegiatan-kegiatan seperti Tausyiah, yang dilaksanakan setelah salat Isya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus mengeksplorasi dan menggambarkan sistematis sesi Tausyiah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan partisipasi yang luas dari berbagai latar belakang pendidikan dan demografi, dengan pembicara yang berpendidikan tinggi yang mengkaji topik-topik seperti fikih, ibadah, akhlak, dan akidah. Konten yang disampaikan mendukung pendekatan yang emosional, rasional, dan edukatif, yang memengaruhi pertumbuhan spiritual peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa Tausyiah Ramadan diterima secara positif oleh masyarakat, dengan menggarisbawahi peran penting pembicara yang terampil dalam menyampaikan pengetahuan agama secara efektif. Kesimpulannya, pendidikan Islam non-formal seperti Tausyiah memiliki potensi besar untuk memperkuat nilai-nilai karakter Islami dalam masyarakat, dengan rekomendasi untuk lebih mengintegrasikan para pendidik yang berkualitas guna mendukung inisiatif pembelajaran berbasis masyarakat yang berdampak luas. Penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya nilai karakter Islami.

Referensi

Abidin, Y. Z., Ridwanillah, D. F., Abubakar, H., Huda, M., Hermawati, P. A., & Tamia, V. (2022, Januari 2). Dakwah inklusif: Kajian monografi dakwah di Yayasan Mathlaul Anwar [Monograph]. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://fdk.uinsgd.ac.id/

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Asy’ari, A. A. A. (2020). Strategi Perencanaan Dakwah. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah Dan Manajemen, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.37064/ai.v7i1.7547

Bariah, O., & Nur, T. (2011). PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN IBADAH BAGI MASYARAKAT DI DESA TELUKJAMBE KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(21), Article 21. https://doi.org/10.35706/solusi.v10i21.84

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Muhsin. (2009). Manajemen Majelis Ta’lim, Petunjuk Praktis Pengelolaan dan Pembentukannya. Pustaka Intermasa.

Munawwarah, T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Hanifah, F., Savitri, I., & Yani, M. (2023). Alternatif Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Pendekatan Sistem di MIS Nurul Fadhilah. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), Article 11. https://doi.org/10.5281/zenodo.10389432

Munir, M. (2006). Manajemen Dakwah. Prenada Media.

Najib, M. (2015). Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter. Gava Media.

Peraturan Pemerintahan Nomor 55. (2007).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus besar Bahasa Indonesia. (2003). (Ketiga). Balai Pustaka.

Rahmah, S., & Prasetyo, M. A. M. (2022). URGENSITAS NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. PT LkiSPelangi Aksara.

Rukiati, E. K. (2006). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (1 ed.). Pustaka Setia.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian pendidikan. PT. Bumu Aksara.

Zakiyah, Q. Y. (2014). Pendidikan Nilai. Pustaka Setia.

Zuhairi. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara

 

 

Downloads

Published

2024-04-06

Issue

Section

Artikel