Penerapan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Authors

  • Erlita Umi Masytoh Lita Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i2.5445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan pendidikan karakter banyak terjadi pada anak sekolah dasar, hal ini terjadi akibat kurangnya pemahaman peserta didik terhadap sikap benar salah yang kurang arahan dari pihak sekolah terkait pendidikan karakter. Pancasila sebagai ideology berperan penting dalam membentuk karakter masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila harus dipahami dan dikomunikasikan kepada masyarakat melalui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDN 3 Temulus. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai pancasila yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran dan pembiasaan berdasarkan petunjuk guru dapat membentuk karakter siswa sekolah dasar. Pendidikan karakter yang bersumber dari pancasila hendaknya terus diterapkan dalam dunia pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan dasar, guna meningkatkan kualitas bangsa Indonesia di masa depan.

Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. 6(1), 974–980.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. 9(2), 291–304.

Bintari, D. P., Masyithoh, D., & Pratiwi, D. M. (2021). Jurnal Sumbangsih Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5 . 0. December, 156–163.

Dila, O. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. 5(2), 143–159.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. 3(6), 3675–3688.

Hartanti, R., & Said, E. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini Dalam Perkembangan Iptek. 20, 11–17.

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. 6948, 52–59.

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.

Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Namira. (2022). Implementasi nilai-nilai pancasila sebagai pedoman generasi milenial dalam bersikap di media sosial. 4(4), 67–71.

Putri, S. A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Generasi Milenial. 19, 57–74.

Ratri, E. P. (2022). Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. 1.

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. 9(2), 473–485.

Samosir, O. (2023). Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Tinjauan Filosofis atas Demokrasi dari Sila IV Pancasila. Seminar Nasional Filsafat Teologi, 53–63.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara. 7(1), 53–58.

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 34–39. https://doi.org/10.56393/decive.v1i2.225.

Wika, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. 9(1), 51–57.

Yuherman, A. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 8(3).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-12

Issue

Section

Artikel