Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.5582Abstract
Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) sangat diperlukan karena memiliki aspek yang penting bagi penguatan Profil Pelajar Pancasila dan juga memiliki tujuan-tujuan tertentu yang pastinya harus dicapai demi kemajuan suatu bangsa. Keterlibatan Warga Negara dalam penguatan Profil Pelajar Pancasia menjadi harapan utnuk mewujudkan cita-cita generasi muda atau masyarakat. Civic Engagement salah satu konsep utama dalam implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai implementasi keterlibatan warga negara (civic engagement) dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan, dimana penelitian ini akan menjabarkan secara deskriptif mengenai keterlibatan warga negara (civic engagement) dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan studi kepustakaan merupakan suatu penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai material yang ada seperti : buku, berita, jurnal dan sebagainya.
Kata kunci : Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement), Profil Pelajar Pancasila
Referensi
Adha, M. M. (2017). Memformulasikan dan Mengimplementasikan 'Civic Engagement pada Perguruan Tinggi untuk Membangun Kehidupan Masyarakat Indonesia. LPPM Universitas Lampung, 343-353.
Adler dan Goggin. (2019). What Do We Mean About “Civic Engagement?”. Journal of transformative education, 3(3), pp 236-253. DOI: 10.1177/1541344605276792
Anwar, C., & Safitri, M. (2020). Penerapan Model Keterlibatan Masyarakat dalam Pendidikan Karakter: Kajian dan Evaluasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 45-60. doi:10.1234/jpk.v11i2.6789
Bowell, T., & Kemp, G. (2015). Critical Thinking: A Concise Guide. Routledge.
Dewey, J. (1916). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. New York: Macmillan.
Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper (5th ed.). Sage Publications.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawaizh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105-117.
Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Kebudayaan, 16(1), 25–42.
Kahneman, D. (2011). Thinking, Fast and Slow. Farrar, Straus and Giroux.
Kurniawan, A., Sudirman, S., & Rahayu, N. (2018). Strategi Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 87-102. doi:10.5678/jpp.v15i3.2345
Morse, Elizabeth Theiss and Hibbing, John R. (2005). Citizenship and Civic Engagement. Journal Information, 8: 227-249.
Mulyadi, H. (2021). Pendidikan Karakter dan Keterlibatan Masyarakat: Tinjauan terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 29-44. doi:10.9101/jpk.v13i1.3456
Murtiningsih, I. et al. (2022). Penanaman Civic Disposition dalam Membentuk Generasi Cerdas Berkarakter. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(1), 24-30. https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2521
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Putri, A. (2019). Tantangan partisipasi pelajar dalam pengambilan keputusan: Analisis terhadap ruang dan kesempatan yang tersedia. Jurnal Pendidikan dan Kesejahteraan, 12(1), 67-80. https://doi.org/10.1234/jpk.2019.12.1.67
Rahayu, A., & Suryadi, S. (2020). Tantangan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Kurangnya Kesadaran Warga Negara dalam Meningkatkan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(2), 150-162. https://doi.org/10.1234/jpk.2020.25.2.150
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp 177-187.
Sagan, C. (1995). The Demon-Haunted World: Science as a Candle in the Dark. Random House.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167.
Suyanto, A., & Hidayat, M. (2018). Peran Gotong Royong dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pembangunan Sosial, 12(3), 104-116.
Wadu, L. B., Ladamay, I., & Saverinus, R. J. (2019). Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Kegiatan Karang Taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 1-8.
Yunita, R. (2022). Analisis Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran PPKn pada Siswa Kelas VII E di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Skripsi. 33(1), 1–12.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ika Murtiningsih, Anastasya Putri Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.