Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Ika Murtiningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Anastasya Putri Wijaya Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i1.5582

Abstract

Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) sangat diperlukan karena memiliki aspek yang penting bagi penguatan Profil Pelajar Pancasila dan juga memiliki tujuan-tujuan tertentu yang pastinya harus dicapai demi kemajuan suatu bangsa. Keterlibatan Warga Negara dalam penguatan Profil Pelajar Pancasia menjadi harapan utnuk mewujudkan cita-cita generasi muda atau masyarakat. Civic Engagement salah satu konsep utama dalam implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai implementasi keterlibatan warga negara (civic engagement) dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan, dimana penelitian ini akan menjabarkan secara deskriptif mengenai keterlibatan warga negara (civic engagement) dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan studi kepustakaan merupakan suatu penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai material yang ada seperti : buku, berita, jurnal dan sebagainya.

Kata kunci : Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement), Profil Pelajar Pancasila

 

Referensi

Adha, M. M. (2017). Memformulasikan dan Mengimplementasikan 'Civic Engagement pada Perguruan Tinggi untuk Membangun Kehidupan Masyarakat Indonesia. LPPM Universitas Lampung, 343-353.

Adler dan Goggin. (2019). What Do We Mean About “Civic Engagement?”. Journal of transformative education, 3(3), pp 236-253. DOI: 10.1177/1541344605276792

Anwar, C., & Safitri, M. (2020). Penerapan Model Keterlibatan Masyarakat dalam Pendidikan Karakter: Kajian dan Evaluasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 45-60. doi:10.1234/jpk.v11i2.6789

Bowell, T., & Kemp, G. (2015). Critical Thinking: A Concise Guide. Routledge.

Dewey, J. (1916). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. New York: Macmillan.

Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper (5th ed.). Sage Publications.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawaizh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105-117.

Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Kebudayaan, 16(1), 25–42.

Kahneman, D. (2011). Thinking, Fast and Slow. Farrar, Straus and Giroux.

Kurniawan, A., Sudirman, S., & Rahayu, N. (2018). Strategi Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 87-102. doi:10.5678/jpp.v15i3.2345

Morse, Elizabeth Theiss and Hibbing, John R. (2005). Citizenship and Civic Engagement. Journal Information, 8: 227-249.

Mulyadi, H. (2021). Pendidikan Karakter dan Keterlibatan Masyarakat: Tinjauan terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 29-44. doi:10.9101/jpk.v13i1.3456

Murtiningsih, I.  et al. (2022). Penanaman Civic Disposition dalam Membentuk Generasi Cerdas Berkarakter. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(1), 24-30. https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2521

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024

Putri, A. (2019). Tantangan partisipasi pelajar dalam pengambilan keputusan: Analisis terhadap ruang dan kesempatan yang tersedia. Jurnal Pendidikan dan Kesejahteraan, 12(1), 67-80. https://doi.org/10.1234/jpk.2019.12.1.67

Rahayu, A., & Suryadi, S. (2020). Tantangan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Kurangnya Kesadaran Warga Negara dalam Meningkatkan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(2), 150-162. https://doi.org/10.1234/jpk.2020.25.2.150

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp 177-187.

Sagan, C. (1995). The Demon-Haunted World: Science as a Candle in the Dark. Random House.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167.

Suyanto, A., & Hidayat, M. (2018). Peran Gotong Royong dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pembangunan Sosial, 12(3), 104-116.

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Saverinus, R. J. (2019). Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Kegiatan Karang Taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 1-8.

Yunita, R. (2022). Analisis Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran PPKn pada Siswa Kelas VII E di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Skripsi. 33(1), 1–12.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Artikel