Reconstruction of Pancasila Values in 21st Century Education: A Study on the Role of Digital Literacy in Strengthening National Ideology
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v7i1.5877Abstract
Krisis karakter bangsa tampak semakin menjauh dari prinsip-prinsip Pancasila, dipengaruhi oleh dinamika perkembangan zaman dan arus globalisasi. Sebagai warga negara Indonesia, merupakan tanggung jawab kita untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, yang berfungsi sebagai ideologi negara dan memainkan peran penting dalam membentuk karakter bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam mengatasi krisis karakter yang dihadapi bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan menghimpun data dari berbagai sumber, seperti jurnal, buku, dan referensi lainnya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pancasila mampu berperan dalam pembentukan karakter bangsa melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilainya. Mengingat maraknya permasalahan terkait karakter bangsa saat ini, penerapan nilai-nilai Pancasila merupakan solusi efektif untuk memperkuat moral dan nilai luhur bangsa, melalui pemahaman dan pengaplikasian yang mendalam oleh setiap individu di Indonesia
Kata Kunci: Pancasila, Literasi Digital, Pendidikan Abad ke-21, Ideologi Bangsa
Referensi
Abdul Gani, M. A. (2023). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Media Digital Terhadap Siswa SDN Lemahkarya II. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 5757–5765.
Administrator, S. (2023, November). Mengapa Pentingnya Literasi Digital dalam Era Digital? Perpusda Provinsi Lampung. https://perpusda.lampungprov.go.id/detail-post/mengapa-pentingnya-literasi-digital-dalam-era-digital
Ali Imron, A. (2022, August 10). Pemilih Muda dan Literasi Politik Digital. Fisip UMJ. https://fisip.umj.ac.id/pemilih-muda-dan-literasi-politik-digital/
Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara Abadi.
Amirullah El Udi, M. A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Di MAN 21 Jakarta Utara [Thesis]. UniversitasIslam45Bekasi.
Anastasya Mite, A. (2024). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sisem Pencernaan Manusia [Thesis]. Universitas Sintuwu Maroso.
Ardianti, A. (2023, February 26). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Generasi Penerus Bangsa. https://binus.ac.id/character-building/2023/02/pengaruh-literasi-digital-terhadap-generasi-penerus-bangsa/
Arief Nugraha, I., Deni Normansyah, A., & Cahyono. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Triwikrama:Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 1–11.
Bulan Ramadhani, A., Nur Halizah, F., Untari, H., Shafaa Anggraini, M., Ayu Kristina, M., & Ika Puspita, A. M. (2024). Transformasi Pancasila di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Lencana:Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 153–157. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3757
Dede Putra Wiguna, I. W., & Sudarti, N. W. (2024). Peran Literasi Digital dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 122–132. https://doi.org/10.62951
Dewi Wibowo, G. S., Primadhany, I. C., & Meilani, P. (2023). Pancasila sebagai karakter bangsa. Indigenous Knowledge, 2(6), 447–452.
Dwi Noveka. Adittiya, & Maizul Habibah, S. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi Digital. Indonesian Journal of Instructional Technology, 5(1).
Indah Seti Putri, F., & Mumtaz Tsabita Adam, keisha. (2022). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa Indonesia. Indigenous Knowledge, 1(1), 6–16.
Irawan, I. (2023, October 11). Pancasila dalam Era Literasi Digital – Character Building. Binus.Ac.Id. https://binus.ac.id/character-building/2023/10/pancasila-dalam-era-literasi-digital/
Juwandi, R., Nurwahid, Y., & Lestari, A. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Pendidikan Politik Untuk Mengembangkan Literasi Digital Warga Negara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 369–378.
Khoirunisa, N., Rise Lestari, V., Andita Damayanti, F., Arifah Marhamah, A., Fadilah, H., & Gustian Nugraha, R. (2022). Penerapan Budaya Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2244–2252. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2964
Lince Napitupulu, E. (2023, January 7). Generasi Muda Tidak Suka Indoktrinasi Pancasila. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/01/17/generasi-muda-tidak-suka-indoktrinasi-pancasila
Listiawati, N. (2022, November 22). Pentingnya Edukasi Literasi Digital Bagi Generasi Muda. https://pid.kepri.polri.go.id/pentingnya-edukasi-literasi-digital-bagi-generasi-muda/
Nurfatma, S., & Dyah Sulistyaningrum I, C. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MPLB SMK Negeri 6 Surakarta. Cendikia:Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(7), 424–433.
Octavia, E., & Rube, M. A. (2017). Penguatan Pendidikan karakter berbasis pancasila untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKN Menjadi Warga Negara Yang baik dan Cerdas. Sosial Horizon:Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111–124.
Rahim, A., & Indah, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Literasi Digital di kalangan Remaja. Sabajaya:Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 2(2), 51–56.
Ramdan Gumilar, M., Reviyanti, L., & Akbar, M. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Edusaintek:Jurnal Pendidikan,Sains Dan Teknologi, 11(3), 1542–1558.
Rizkinaswara, L. (2021, February 24). Literasi Digital Jadi Sarana Peningkatan Nasionalisme di Era Digital. Ditjen APIKA. https://aptika.kominfo.go.id/2021/02/literasi-digital-jadi-sarana-peningkatan-nasionalisme-di-era-digital/
Rizkinaswara, L. (2024, January 21). Kenali 10 Tahapan Kompetensi Literasi Digital untuk Lawan Hoaks Politik. Ditjen Aptika. https://aptika.kominfo.go.id/2024/01/kenali-10-tahapan-kompetensi-literasi-digital-untuk-lawan-hoaks-politik/
Safitra Saragih, C. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Pancasila di Era Digital pada Siswa SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(3), 41–51.
Salsabila, S., Priyanto, E., & Nurul Fajar, W. (2023). The Effect of Pancasila Education Learning in Shaping Digital Literacy of Young Citizens (A Descrptive Study on 10th Grade Students in High Schools in Banyumas Regency). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 123–130.
S.M Sidabutar, Y., Calista, A., Paul HM, I., Faris, M., & Putri Azzahra, D. (2023). Tantangan dan Peluang Pancasila Sebagai Ideologi Negara di Era Digital Pada Kehidupan Mahasiswa. Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(4), 225–231.
Subakdi. (2023). Penerapan Nilai-nilai Pancasila pada Mahasiswa di Era Digital sebagai Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1570–1576.
Suci Azzahri, N. (2024, March 11). Politik Digital: Keterlibatan Media Sosial dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Generasi Muda Pada Pesta Demokrasi 2024. Setneg.Go.Id. https://www.setneg.go.id/baca/index/politik_digital_keterlibatan_media_sosial_dalam_meningkatkan_partisipasi_politik_generasi_muda_pada_pesta_demokrasi_2024
Suryaningsih, A., Hidayah, Y., & Pratomo, W. (2023). Penguatan Literasi Digital Melalui Mata Kuliah Umum Pendidikan Pancasila Untuk Mengantisipasi Berkembangnya Berita Hoax. Kwangsan:Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 403–417.
Tambunan, R. (2024). Peran Literasi Digital Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Berdemokrasi di Era Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan [Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Zainudin, M. (2016). Membangun Karakter Bangsa Indonesia Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila dan kearifan Lokal. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 16–31.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 alwazir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.