Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Generasi Z pada Pemilihan Presiden 2024

Authors

  • Suzana Paranita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dyah Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asri Nurdayani asrinurdayani_uin@radenfatah.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v6i2.5909

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi atau kampanye pada Pilpres 2024 dan besarnya angka pemilih pemula pada kategori Gen Z sebagai generasi aktif penguna media sosial, tetapi disisi lain muncul sebuah permasalahan yaitu sikap apatis Gen Z terhadap dunia politik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh media sosial terhadap partisipasi Gen Z dan jenis media sosial yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap partisipasi Gen Z pada Pilpres 2024. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan media sosial berpengaruh dalam meningkatkan partisipasi Pilpres tahun 2024 sebanyak 92,1%, karena : 1) Capres dan Cawapres mengajak berinteraksi secara langsung melalui live pada platform media sosial, 2) Capres dan Cawapres melibatkan artis, selebgram dan influencer ternama dalam kampanye melalui media sosial, 3) pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam konten kampanye, 4) pengunaan visualisasi pada konten kampanye. Untuk jenis media sosial yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap partisipasi Gen Z pada Pilpres 2024 yaitu; Instagram dan Tiktok. Tetapi disisi lain, Gen Z juga perlu mendapatkan pendidikan politik karena angka partisipasi yang besar tidak menunjukkan tingkat pemahaman politik yang benar. Gen Z hanya menyimak kampanye digital melalui video-video pendek yang menarik tanpa melakukan cross check mengenai kebenaran informasi yang didapat. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi karena attention span mereka yang rendah dan pada akhirnya Gen Z sering termakan berita hoax.

Referensi

Fatmawati. (2021). Kampanye Politik sebuah Pendekatan Etimologis. Jawa Tengah: CV. Amerta Media

Faradis, N., Ainya, N., Fauzah, A., Ichsan, M., & Anshori, A. (2023). Media Sosial dan Persepsi Publik: Analisis Strategi Kampanye Digital Calon Presiden Indonesia 2024. Prosiding Seminar Nasional, 643–652.

Febriani, N. (2021). Efektivitas strategi komunikasi pemasaran celebrity endorsement di Instagram terhadap generasi Z. S.I.Kom. Universitas Indonesia. Jalan Salemba Raya, 5(2).

Kadir, N. (2022). Media Sosial dan Politik Partisipatif: Kajian Ruang Publik, Demokrasi Bagi Kaum Milenial dan Gen Z. Media Sosial dan Politik Partisipatif. 4(2).

Majid, M. N., Dwi, E., & I2, A. (2023). Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum Di Era Digital. PERSEPTIF, 2(1).
http://journal.yazri.com/index.php/perseptif.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Noorikhsan, F. F., Ramdhani, H., Sirait, B. C., & Khoerunisa, N. (2023). Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara-Masyarakat. Journal of Political Issues, 5(1), 95– 109. https://doi.org/10.33019/jpi.v5i1.131

Noviyanti, Ubaidullah, Ardiansyah. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah (Vol.6)

Paranita, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z dalam Mewujudkan Good Citizenship di Perguruan Tinggi Islam. In Civics Education And Social Science Journal (CESSJ (Vol. 4).

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. In Jurnal Communication VIII, Nomor (Vol. 1). http://techno.okezone.com/read/2016/0

Rusdana, Afrizal, S. (2024). Pencitraan Diri: Kajian Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Melalui Postingan Instagram (Vol.7).

Sjoraida, D. F. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Politik Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Z. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1, 104–111.

Wulandari, N., Rahayu, S., & Lexianingrum, P. (2024). IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary Konten Tentang Prabowo pada Akun Tiktok Partai Gerindra Dalam Membentuk Opini Gen-Z Dalam Memilih 02. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Zaki Wicaksono, W., Setyo Pambudi, K., afi, M. R., Febriani, R., & Ayu Ananta, S. (2024). Peran Media Sosial dalam Membentuk Opini Publik dan Sikap Politik Mahasiswa di Kawasan Kampus Sekaran: Analisis dalam Konteks Pemilu Presiden 2024 (Vol. 3, Issue 2). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/mediasi

Badan Pusat Statistik. (2023). Hasil Sensus Penduduk tahun 2020. Diakses pada 23 Juni 2024 dari https:/sensus.bps.go.id/infografis/index/sp2020

Data Indonesia.Id. (2023). Hasil Survei Rencana Partisipasi Gen Z pada Pemilu 2024. Diakses 23 Juni 2024 dari https://bit.ly/4djyo1H

Katadata Media Network. (2023) Jumlah Pemilih Pemilu 2024 Berdasarkan Kelompok Usianya. Diakses pada 23 Juni 2024 dari https://bit.ly/4eoipQR

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-12

Issue

Section

Artikel