Eksplorasi Nilai-Nilai Kebangsaan dan Religius dalam Kegiatan Sosial BPC GMKI Sentani
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v6i2.5956Abstract
Perubahan zaman dan dinamika masyarakat kontemporer memunculkan tantangan terhadap relevansi nilai-nilai religius dan kebangsaan dalam konteks kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana BPC GMKI Sentani merespons dinamika tersebut dengan mempertahankan esensi nilai-nilai religius dan kebangsaan sambil beradaptasi dengan tuntutan zaman. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif, penelitian ini menggali secara mendalam berbagai isu yang dihadapi oleh GMKI Sentani, seperti penurunan solidaritas sosial, degradasi demokrasi, dan pernikahan anak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa GMKI Sentani secara aktif menerapkan strategi edukasi, diskusi, dan kolaborasi untuk mengatasi tantangan ini, dengan fokus pada penguatan nasionalisme, demokrasi, dan hak asasi manusia melalui program kaderisasi dan kegiatan sosial. Kesimpulannya, BPC GMKI Sentani berhasil mengintegrasikan nilai-nilai religius dan kebangsaan dalam setiap aktivitas mereka, menjadikannya sebagai fondasi yang kokoh bagi anggotanya untuk menghadapi perubahan zaman. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat identitas religius dan kebangsaan di kalangan anggota tetapi juga mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan sosial, menjadikan mereka agen perubahan positif di masyarakat.
Referensi
Atimeta, A., & Jatiningsih, O. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Multikultur dalam Aktivitas Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1). https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p173-187
Çakmak, H., Gordijn, E. H., Koc, Y., & Stroebe, K. E. (2024). Unraveling Image and Justice Concerns: A Social Identity Account on Appraisals and Emotional Drivers of High-Status Transgressor Group Members’ Solidarity
With Low-Status Groups. Personality and Social Psychology Bulletin, 01461672241252871.
Dwi Novia Sirait, Suwardi Lubis, & Robert Sibarani. (2022). Analysis of the Role of the Indonesian Christian Student Movement (GMKI) Medan Branch in Improving Cadre Information Literacy through the Literacy Movement. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(8). https://doi.org/10.55927/eajmr.v1i8.1181
HM, A., Mualimin, M., & Nurliana, N. (2018). Elit Agama dan Harmonisasi Sosial di Palangka Raya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 16(2). https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2337
Malatuny, Y. G. (2020). Percikan Gagasan: Menelaah Problematika Kontemporer Kewarganegaraan. Yogyakarta: Deepublish.
Muchtar, S. Al. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Gelar Potensi Mandiri.
Mufti, D. F. (2018). Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Organisasi Ekstra Kampus (Deskriptif pada Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesian Cabang Tulungagung). Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila, 4(2).
Olga, C. (2023). Patriotism in a Transitive Society: Socio-Psychological Analysis. Internal Security, 15(2). https://doi.org/10.5604/01.3001.0053.4220
Rungkat, J. (2022). Penguatan Sistem Berpikir Kristen Bagi Pemuda di GMKI Kabupaten Mimika. Jurnal PAKEM AMATA, 2(1). https://doi.org/10.55334/pakem_amata.v2i1.296
Savickaya, Y. P., Koltunova, Y. I., & Derikot, T. E. (2022). Religious values in the value orientations system of students on the example of the Tyumen region. Polish Psychological Bulletin, 53(2). https://doi.org/10.24425/ppb.2022.141140
Simanjuntak, M. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Metode Berpikir Mahasiswa Melalui Kegiatan Seminar Masa Bimbingan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3630
Sitorus*, F. B. A., Perangin-angin, E. br, Sibarani, N., & Pungki, R. (2023). The Role of the Indonesian Christian Student Movement on Political Life Medan City in 1965-1998. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2). https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31214
Wambrauw, M., & Novana Kareth. (2022). Pelatihan Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Mahasiswa di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Jayapura. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.59025/js.v1i3.46
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Julianus Labobar, Yakob Godlif Malatuny, Metri Gamelia Usboko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.