Penerapan PjBL Berbantuan Media POPINDA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di SD 2 Medini

Authors

  • yulinda munggi ratna Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
  • Nurul Hamim SD 2 Medini

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v7i1.6544

Abstract

Hasil pengamatan secara langsung memberikan jawaban bahwa hasil belajar siswa dalam materi “Keberagaman Budaya” menunjukkan hasil yang belum optimal. Siswa sulit mendapati pemahaman pada topik dengan konsep abstrak jika hanya diberikan melalui metode ceramah atau hanya bersumber dari buku teks. Metode belajar yang kurang variatif dan media belajar interaktif yang minim digunakan. Media dan model belajar yang begitu-begitu saja menjadi akar masalah terhadap siswa yang pasif saat belajar. Maka dari itu, penelitian dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan model PjBL berbantuan media POPINDA (pop up book Indonesia) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemis dan McTaggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Medini berjumlah 24 siswa. Penelitan ini dilakukan 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan selama 3 pertemuan. Prasiklus menunjukkan angka 52. Pada siklus pertama, siswa mengalami kenaikan hasil belajar yaitu skor rata-rata 71. Setelah melakukan evaluasi dan refleksi, pada siklus kedua, siswa mengalami kenaikan dengan skor rata-rata 80,5. Hasil penelitian dari data dan obersvasi dapat diartikan bahwa model PjBL dengan dukungan media POPINDA (pop up book Indonesia) dengan pengukuran melalui tes hasil belajar meningkat pada siklus 1 (45.8%) dan siklus 2 (83.3%).

Kata Kunci: Project Based Learning, Pop Up Book, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Artikel